Replika Monorel PT INKA Diluncurkan 6 Mei di Madiun

  • Ekonomi
  • 0
  • 05 Mei 2013 12:23

monorel130505b.jpg
PT Industri Kereta Api (INKA) memastikan bahwa replika gerbong monorel konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bakal diluncurkan besok (6/5/2013) di markas atau worskhop INKA yang berbasis di Madiun, Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri BUMN, Dahlan Iskan beserta istrinya Nafsia Sabri akan secara resmi menyaksikan peluncuran sekaligus meninjau mock up gerbong monorel.

Rencananya dihadiri pula oleh Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, jajaran manajemen PT Adhi Karya Tbk selaku ketua konsorsium, serta INKA.

"Rencananya launching dan mock up monorel besok akan berlangsung pukul 11.00 WIB. Pak Dahlan bakal hadir beserta istrinya dari Solo menuju Madiun menggunakan kereta api," ujar Humas INKA, Bintang Gumilar kepada Liputan6.com, Jakarta, Minggu (5/5/2013).

Dalam acara itu, lanjutnya, akan dipamerkan bagian moncong hingga bagian tubuh gerbong. Gerbong tersebut juga sudah dilengkapi dengan mesin penggerak, alat pendingin ruangan (AC), lampu panel, tempat duduk berhadapan seperti KRL, serta jaringan internet wireless (wi-fi).  

"Jadi nanti replika monorel itu benar-benar dioperasikan layaknya sungguhan lengkap dengan stasiun dan jalan relnya," jelas dia.

Setelah diluncurkan, tambah Bintang, replika gerbong monorel bakal diboyong ke Jakarta untuk dipamerkan kepada seluruh warga Jakarta di depan kantor Kementerian BUMN atau tepat di depan Monumen Nasional (Monas).

"Nantinya memang akan dikirim ke Jakarta. Tapi sebelumnya dilepas dulu, lalu setibanya di Jakarta bakal dirangkai kembali untuk dipajang. Tapi tidak tahu kapan akan diboyong ke Jakarta, karena untuk memamerkan monorel perlu izin seperti pasang reklame," terangnya.  

Sayang, Bintang tak bersedia menyebut investasi untuk memproduksi replika gerbong monorel tersebut. Di samping itu, pada kesempatan yang sama, Direktur Komersial INKA, Hendy Hendratno Adji juga menyatakan pihaknya akan meresmikan dua gerbong kereta lain.

"Dua gerbong lain itu, gerbong penumpang monorel dan kontainer dengan ukuran lebih kecil pesanan dari PT Angkasa Pura untuk angkutan di bandara. Jadi total ada tiga gerbong yang bakal diluncurkan," pungkas dia. (Fik/Igw)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler