Sukses

Kereta Api Buatan INKA Nyaman Lho!

Menteri BUMN Dahlan Iskan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pabrik kereta api milik PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun, Jawa Timur. Menurutnya kereta api buatan INKA cukup nyaman.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan pada Senin (6/5) ini, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pabrik kereta api milik PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun, Jawa Timur. Menurutnya kereta api buatan INKA cukup nyaman.

Kedatangan orang nomor satu di BUMN ini khusus melihat kesiapan produksi kereta api hasil buatan INKA, khususnya kereta ekonomi AC pesanan pemerintah.

Bertolak dari Bandara Halimperdanakusumah, rombongan tiba di Solo pukul 09.00 WIB. Dahlan dan rombongan langsung naik kereta kedinasan ke kantor pusat PT INKA.

Dahlan pun langsung mampir melihat secara langsung kondisi gerbong kereta api pesanan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang akan dioperasikan bagi masyarakat Jakarta.

"Jadi ini baru pertama kali dioperasikan, Anda semua yang baru merasakan kereta yang baru dibuat PT INKA," ujar Dahlan ketika menuju kantor pusat PT INKA, Senin (6/5/2013).

Sepanjang perjalanan di dalam kereta, Dahlan mengecek secara langsung semua fasilitas yang ada. Mulai dari tempat duduk, kondisi pendingin ruangan, hingga fasilitas kamar kecil.

Secara keseluruhan, Dahlan menilai kereta produksi Inka bagus dan layak, karena tingkat kenyamanannya yang sangat baik.

"Toiletnya saja sudah tersedia kloset yang jongkok dan duduk. Kalau yang duduk sangat mudah untuk kaum perempuan yang mau buang air kecil," kata Dahlan.

Ia menegaskan, kalau kereta api Ekonomi AC buatan Inka ini belum secara resmi beroperasi karena belum secara resmi diserahkan langsung PT INKA kepada Kemenhub.

"Jadi secara garis besar kereta ini bagus dan rapih, sangat nyaman lah untuk para penumpang kereta api ini," tegas dia. (Dis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini