Sukses

Puncak Menara Dipasang, WTC Jadi Gedung Tertinggi Ketiga di Dunia

One World Trade Center setinggi 541,32 meter menjadi gedung tertinggi ketiga di dunia. Gedung ini merupakan pengganti menara kembar WTC yang hancur pada 11 September 2001.

One World Trade Center  di New York, Amerika Serikat (AS) menjadi gedung tertinggi ketiga di dunia, setelah puncak menara setinggi 408 kaki atau setara 124,35 meter dipasang di atas di gedung baru tersebut.

Gedung pencakar langit ini merupakan pengganti menara kembar WTC yang hancur oleh serangan teroris 11 September 2001.

Seperti dikutip dari Washington Post, Sabtu (11/5/2013), pembangunan menara yang dimulai sejak tahun 2006 ini memukau warga AS ketika puncak menara perak diletakkan di atas gedung.

Sebelum puncak menara dipasang, gedung ini merupakan yang tertinggi di New York. Kini dengan puncak menara tersebut, total ketinggian Gedung One World Trade Center ini mencapai 1.776 kaki atau sekitar 541,32 meter dari permukaan bumi.

Menara ini telah berhasil menggeser Willis Tower setinggi 1.451 kaki atau 442,26 meter di Chicago sebagai puncak tertinggi di AS. Gedung ini juga menjadi pencakar langit ketiga tertinggi di dunia.

Puncak menara tersebut berisi antena penyiaran kelas dunia. Cahaya LED di atas menara akan memancar di malam hari dan bisa dilihat dari jarak bermil-mil.

Gubernur New York Andrew Cuomo dan Gubernur New Jersey Chris Christie mengaku sangat menghargai usaha para pekerja rekonstruksi bangunan yang dirancang oleh David Childs ini. Warga Amerika Serikat juga tak sabar menanti kilauan cahaya yang terpancar dari puncak tertinggi menara perdagangan dunia yang baru. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.