Sukses

Besok, Nama Menkeu Baru Bakal Keluar

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa memastikan presiden SBY bakal melantik Menkeu baru dalam waktu dekat. Bahkan nama baru Menkeu bisa diketahui dalam satu dua hari ke depan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa memastikan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bakal melantik menteri keuangan (Menkeu) baru dalam waktu dekat. Bahkan nama baru Menkeu kemungkinan bisa dikertahui dalam satu dua hari ke depan.

"Tungggu saja besok atau luas. Dalam waktu dekat ini," kata Hatta saat ditemui di Istana Presiden, Jakarta, Senin (13/5/2013).

Kendati enggan mengungkapkan nama Menkeu baru, Hatta menegaskan calon bendahara negara tersebut berasal dari kalangan profesional dan berjenis kelamin laki-laki. Hal ini sekaligus membantah kabar masuknya calon dari kalangan politik sebagai Menkeu Baru.

"Mas Dradjad Wibowo mau jadi menteri keuangan itu tidak betul, Mas Dradjad sekarang sedang tugas di Eropa," katanya.

Hatta mengatakan, presiden kemungkinan akan menetapkan nama baru menkeu pada pekan ini. Selanjutnya presiden dalam waktu berdekatan akan langsung melantik Menkeu baru tersebut.

"Pokoknya tunggu saja, jangan saya mendahului. besok atau lusa," tegas Hatta.

Seperti diketahui, Presiden SBY telah memberhentikan Agus Martowardojo dari posisinya sebagai Menkeu. Presiden selanjutnya mengangkat Hatta Rajasa sebagai pelaksana tugas Menkeu hingga terpilihnya pejabat baru.

Agus Martowardojo sendiri beralih tugas menjadi gubernur Bank Indonesia  yang diperkirakan mulai aktif berdinas pada akhir mei ini.

Seperti diketahui, sejumlah nama telah santer beredar menggantikan posisi Agus Martowardojo. Nama-nama seperti Darmin Nasution yang kini masih menjabat gubernur BI dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) masuk dalam bursa pencalonan.

Dengan penegasan bahwa calon Menkeu berasal dari kalangan laki-laki, artinya peluang Wakil Menkeu Anny Ratnawati untuk menggantikan posisi mantan bosnnya semakin pudar. (Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.