Sukses

Agustus 2014, RI Pakai Uang Rupiah Baru

Terhitung sejak Hari Kemerdekaan tahun depan, tepatnya 17 Agustus 2014, masyarakat Indonesia bakal mulai menggunakan uang rupiah dengan tampilan baru.

Terhitung sejak Hari Kemerdekaan tahun depan, tepatnya 17 Agustus 2014, masyarakat Indonesia bakal mulai menggunakan uang rupiah dengan tampilan baru. Kerja besar itu mulai dipersiapkan Bank Indonesia (BI)  dan pemerintah pada tahun ini.

"BI akan melakukan penerbitan uang rupiah baru yang diperkenalkan masyarakat pada 17 Agustus 2014," seperti dikuitp dari publikasi BI dalam Laporan Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang 2012.

BI mengatakan, pihaknya pada tahun ini akan memulai komunikasi dengan pemerintah sebagai tahapan awal implementasi penerbitan uang rupiah baru.

Sejalan dengan itu, BI juga akan melakukan koordinasi dengan pemerintah mengenai desai uang rupiah baru. Termasuk di dalamnya penerbitan Keputusan Presiden tentang gambar pahlawan yang akan digunakan sebagai desain utama.

Disisi lain, untuk mendukung kelancaran tahapan implementasi penerbitan uang rupiah baru tersebut, kebijakan Bank Indonesia pada tahun 2013 diarahkan untuk mendukung terlaksananya pembentukan Komite Nasional.

BI bersama dengan Kemenkeu dan Kemenkumham juga akan mengambil langkah-langkah untuk mendukung proses legislasi penerbitan uang rupiah baru ini.

Bank sentral menjelaskan, rencana penerbitan  uang rupiah baru ini merupakan bentuk pelaksanaan BI terhadap ketentuan pasal 42 Undang-undang Mata Uang.

Dalam desain uang rupiah baru, nantinya akan terdapat dua tanda tangan masing-masing dari BI dan pemerintah. (Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini