Sukses

5 Merek Mobil Bekas yang Paling Jadi Incaran

Hampir 80% para calon pembeli mobil bekas lebih memilih mobil buatan Jepang bila dibandingkan mobil buatan Eropa atau Amerika.

Mobil bekas asal negara Jepang rupanya masih menjadi incaran para pembeli mobil. Hampir 80% para calon pembeli mobil bekas lebih memilih mobil asal Negeri Sakura tersebut bila dibanding mobil buatan Eropa atau Amerika.

Seperti diungkapkan Philip, pemilik showroom mobil bekas `Big One Motor` di Bursa Mobil WTC Mangga Dua, Jakarta Utara. "Mobil Jepang masih yang paling banyak dicari," ujar dia saat ditemui Liputan6.com di Jakarta, Selasa (14/5/2013).

Menurutnya, mobil pabrikan Jepang masih banyak menjadi incaran karena harga jual kembalinya yang masih tinggi dan perawatan yang dibutuhkan terhitung lebih murah.

"Kalau mau dijual lagi, harganya tidak terlalu turun, selain itu onderdilnya juga lebih murah dibandingkan dengan mobil Eropa," lanjut dia.

Mobil Jepang merek apa saja yang paling digemari?. Dia menyebutkan ada lima merek yang selama ini memang dikenal luas di masyarakat. Kelima merek tersebut yakni, Toyota Avanza, Kijang Inova, Toyota Yaris, Honda Jazz, dan Honda Freed.

Hal yang sama juga dikatakan Ano Siswoyo, karyawan showroom mobil bekas `JG Motor`. Dia menjelaskan jika biasanya hanya kalangan tertentu saja yang memilih mobil buatan Eropa atau Amerika.

Meskipun menurutnya bila menjual mobil bekas buatan Eropa atau Amerika bisa mendapatkan untung yang lebih besar dibandingkan mobil Jepang.

Rata-rata harga mobil buatan Jepang yang paling laku dijual berkisar antara Rp 90 juta hingga Rp 250 juta tergantung pada tipe mobil, tahun pembuatan dan kondisi fisik mobil.

"Kalau tahunnya semakin tua, otomatis semakin murah. Kami biasanya menjual mobil tahun 2005 ke atas. Keuntungan dari setiap penjualan mobil berkisar Rp 5 juta-Rp 10 juta," katanya.

Untuk sistem pembeliannya, menurut Ano, hampir seluruh showroom mobil bekas dapat dilakukan dengan cara tunai atau kredit. Untuk sistem kredit, biasanya showroom telah bekerjasama dengan perusahaan leasing untuk mempermudah angsuran kreditnya.

Dengan cara seperti itu, para calon pembeli tidak kesulitan saat hendak membayarkan atau melunasi angsuran pembelian mobil. (Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini