Sukses

BKPM Minta Jokowi Ubah Iklim Investasi Ibukota Sebaik Solo

Kepala BKPM, Chatib Basri berharap Gubernur DKI Jakarta bisa mengubah iklim perizinan investasi di kawasan ibukota menjadi lebih baik. Pengalaman di Solo bisa dijadikan pelajaran bagi Jokowi.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Balai Kota DKI Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas mengenai masalah perizinan investasi di ibukota yang selama ini dianggap cukup rumit.

"Kami ingin ekonomi Indonesia itu baik dan salah satunya agar ekonomi tetap baik adalah menciptakan iklim investasi berjalan baik, domestik maupun luar (asing) tetap jalan, salah satu konsentrasi yang dihadapi asing karena kadang-kadang mengurus perizinan itu rumit," ujar Chatib, Selasa, (14/5/2013).

Chatib mengatakan, dalam pertemuannya dengan Jokowi, dirinya membicarakan langkah-langkah yang bisa ditempuh Pemprov DKI Jakarta untuk mempermudah proses perizinan.

"Pak gubernur kan pernah punya pengalaman yang bisa dijadikan contoh waktu di Solo, dimana proses perizinannya jauh lebih mudah. kalau ini kita lakukan, akan memperbaiki persepsi asing bahwa melakukan investasi di Indonesia itu mudah," kata Chatib.

"Apalagi kita tahu, dibanding daerah lain, Jakarta lebih baik, karena DKI ini adalah barometer dari nasional," lanjutnya.

Dengan pengalaman Jokowi yang dianggap sukses memimpin Solo dengan mempermudah proses perijinan investasi, BKPM optimistis iklim investasi di Jakarta akan semakin baik.

"Ada survey yang menerangkan bahwa, Jakarta kalau dibandingkan dengan Solo, lebih baik Solo. Saya percaya dengan Gubernur, karena ini bukan hal baru untuknya. Beliau sudah melakukan ini di Solo," ucap Chatib.

"Jadi saya cukup optimistik nanti tim kita bersama dengan tim dari DKI melakukan teknisnya, langkah- langkahnya yang perlu diperlakukan," katanya.

Menanggapi ucapan Chatib, Jokowi yang telah memimpin Jakarta selama 211 hari ini mengaku belum menguasai benar persoalan perizinan di DKI Jakarta. "Terus terang saya belum bahas soal perizinan, belum kuasai," katanya.

Jokowi pun berjanji setelah kedatangan Chatib, dirinya akan langsung mempelajari dan membahas mengenai masalah perizinan tersebut. "Setelah ini lah, tadi ketemu kepala BKPM dengar penjelasan beliau, mulai minggu depan kita mulai masuk kesitu," janji Jokowi.(Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini