Sukses

LEN Garap Proyek Sinyal Rel Ganda Senilai Rp 1,7 Triliun

Proyek pembangunan rel ganda rute Cirebon Jawa Barat sampai Surabaya di Jawa Timur merupakan salah satu proyek dari masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi (MP3EI).

PT LEN Industri (Persero) kebagian menggarap jaringan sinyal perkeretaapian pada proyek pembangunan rel ganda (double track) rute Cirebon Jawa Barat sampai Surabaya di Jawa Timur. Nilai proyek sinyal ini mencapai Rp 1,7 triliun.

Direktur Utama LEN Industri, Abraham Mose mengatakan proyek pembangunan rel ganda tersebut merupakan salah satu proyek dari masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi (MP3EI).

"Untuk tahun ini proyek yang paling besar dikerjakan LEN adalah pembangunan rel ganda kereta tersebut. Proyek yang kami kerjakan senilai Rp 1,7 triliun," kata Abraham saat diskusi kebangkitan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (14/5/2013).

Dia menuturkan, proyek pada rel kereta jalur ganda Cirebon hingga Semarang Jawa Tengah ditargetkan selesai pada hari raya Lebaran tahun ini. Hal itu diharapkan akan mengurai kepadatan arus mudik pada alat transportasi masal kereta api.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diketahui sudah mulai mempersiapkan sarana transportasi untuk menghadapi pelaksanaan Hari Raya Lebaran 2013 ini.

Salah satunya dengan mempersiapkan rel kereta jalur ganda untuk menghadapi kenaikan jumlah penumpang kereta api.

Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub), Bambang Susanto mengatakan, pembangunan rel ganda dilakukan secara bertahap dari Jakarta sampai Semarang Jawa Tengah, dan kini sudah dalam tahap penyelesaian.

"2013 ini selesai double track, targetnya ada pengoperasian secara bertahap. Lebaran ini sudah dioperasikan bertahap,"  pungkasnya. (Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.