Sukses

Foxconn Gaet Agung Sedayu Grup Bangun Pabrik Komponen Apple

Foxconn, pemasok komponen Apple, akhirnya memutuskan menggandeng perusahaan properti PT Agung Sedayu Grup, untuk menjadi mitra lokal dalam rencana investasinya di tanah air.

Teka-teki seputar mitra lokal yang bakal dipilih Hon Hai Precision Industry alias Foxconn, pemasok komponen Apple akhirnya terjawab sudah. Perusahaan asal Taiwan tersebut memutuskan menggandeng perusahaan properti milik konglomerat Sugianto Kusuma, PT Agung Sedayu Grup, untuk menjadi mitra lokal memproduksi telepon seluler (Ponsel) di tanah air.

Kepastian tersebut disampaikan Menteri Perindustrian MS Hidayat yang ditemui di Gedung Kementerian Keuangan. "Mitranya adalah PT Agung Sedayu Grup. Grupnya Pak Aguan (Sugianto Kusuma)," jelas dia, Rabu (15/5/2013).

Lebih jauh dia mengatakan, perusahaan yang fokus pada bisnis properti tersebut siap menanamkan modalnya di bidang manufaktur dan distribusi.

"Mereka (Sedayu Grup) sudah menyiapkan investasi di bidang manufaktur maupun distribusi. Karena mereka juga memiliki usaha distribusi Ponsel dan real estate. Kalau untuk bosnya (Tommy Winata) saya tidak tahu," pungkas Hidayat.

Sebelumnya, Hidayat menyatakan, Foxconn cenderung memilih perusahaan baru sebagai mitra lokal dari rencana investasinya di tanah air.

Perusahaan teknologi informasi terbesar di Taiwan ini berencana menginvestasi dana awal kurang dari US$ 1 miliar atau sekitar 10% dari total investasi yang disiapkan sebesar US$ 10 miliar.

Dana tersebut disiapkan untuk membangun sebuah pabrik di areal seluas 40-50 hektare. Kabarnya, Foxconn bakal memilih salah satu lokasi di Pulau Jawa sebagai lokasi pembangunan pabriknya. Pembangunan pabrik baru Foxconn ini rencananya akan mulai dilakukan pada kuartal II-2013. (Fik/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini