Sukses

Diburu Masyarakat, Penjualan Emas Antam Bisa Tembus 10 Ton

Antam memperkirakan bisa menjual 10 ton emas sepanjang tahun ini seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap logam mulia tersebut.

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) memperkirakan penjualan emas perseroan bisa menembus 10 ribu kilogram  (kg) atau setara 10 ton sepanjang tahun ini. Angka ini lebih tinggi 31% lebih tinggi dari target tahun ini sebesar 7,6 ton.

Menurut Kepala Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam Tri Hartono, kenaikan volume penjualan seiring dengan terus meningkatnya minat masyarakat membeli logam mulia.

"Tren-nya memang naik. Jika dilihat sampai kuartal I 2013, penjualan logam mulia Antam sudah 2,5 ton," jelas Tri saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (17/5/2013).
 
Tri menduga turunnya harga emas dalam beberapa pekan terakhir membuat minat masyarakat membeli logam mulia Antam semakin meningkat. Dalam sehari, Antam berhasil menjual emas sebanyak 30 kg dalam sehari

"Sebab masyarakat berasumsi waktu yang tepat untuk memborong emas adalah saat harga turun seperti ini," ungkapnya.

Dia menjelaskan, dalam menentukan harga emas, pihaknya mengacu pada dua hal yaitu harga emas di pasar internasional dan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

"Harga emas dunia memang sedang turun dan kami mengacu harga ke pasar spot," jelas dia.

Pada perdagangan Jumat (17/5/2013), harga emas Antam kembali turun Rp 5.000 menjadi Rp 512 ribu per gram. Jika dikalkulasikan, harga logam mulia Antam turun hingga Rp 17 ribu per gram dalam lima hari. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini