Sukses

Jero: Perusahaan Tambang Bawah Tanah Harus Lebih Hati-hati

Menteri ESDM Jero Wacik berpesan agar seluruh perusahaan yang memiliki tambang bawah tanah lebih berhati-hati menyusul insiden runtuhnya sebagian terowongan di tambang bawah tanah Freeport.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik berpesan agar seluruh perusahaan yang memiliki tambang bawah tanah lebih berhati-hati menyusul insiden runtuhnya sebagaian terowongan di fasilitas tambang bawah tanah Big Gossan, Freeport, Papua pada Selasa 14 Mei 2013.

"Freeport kita tahu teknologi bawah tanahnya bagus, itu saja bisa roboh, apalagi yang tidak. Saya juga sudah beritakan ke tambang-tambang bawah tanah yang lain untuk lebih hati-hati," jelas Jero di Kantor Kementerian ESDM, Jumat (17/5/2013).

Jero mengaku heran dengan runtuhnya sebagian terowongan di fasilitas tambang bawah tanah ini. Untuk itu, pihaknya telah mengirimkan tiga orang inspektur tambang ke lokasi untuk membantu evakuasi dan melakukan investigasi penyebab dari insiden tersebut.

"Jadi jangan dulu berspekulasi begini-begitu. Dirjen sudah pulang dari sana, saya minta hari ini laporannya," ungkapnya.

Sekadar informasi, Sebanyak 39 pekerja PT Freeport Indonesia menghadiri refresher class di fasilitas pelatihan tambang bawah tanah Big Gossan pada Selasa, 14 Mei 2013.

Pada pukul 07.30 pagi waktu setempat (WIT), saat peserta sedang berkumpul di dalam ruang kelas pelatihan, tiba-tiba sebagian terowongan di dalam area pelatihan runtuh.

Informasi terakhir yang diterima Liputan6.com, dari 39 pekerja yang tertimpa runtuhnya tambang bawah tanah tersebut, sebanyak 11 orang selamat, sekitar lima orang ditemukan meninggal dunia dan sisanya sebanyak 23 orang masih terjebak di bawah reruntuhan.

Adapun nama lima orang yang meninggal dunia adalah Ateus Marandof, Selpianus Edowai, Yapinus Tabuni, Aan Nugraha dan Rooy Kailuhu. (Yaz/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.