by Siska Amelie F Deil

7 Cara Ampuh Supaya Barang Dagangan Laris Manis

  • Ekonomi
  • 0
  • 18 Mei 2013 19:15
Konsumen memang sulit dicari dan mudah lepas. Banyak produsen berupaya menarik konsumen tapi tak berhasil membuatnya memborong banyak produk. Menarik konsumen tak berarti membuat produk Anda laku.

Lewat Hutwaite, seorang psikologi perilaku penjualan asal Inggris Neil Rackham melatihkan 30 metode dalam penjualan. Hutwaite sendiri adalah sebuah perusahaan pelatihan penjualan berbasis di Arlington, Texas, Amerika Serikat,  dengan 10 kantor yang tersebar di dunia termasuk Brazil, Australia, dan Singapura. Racham telah meneliti lebih dari 35 ribu penjualan di 40 negara.

Menurut diskusi dengan pimpinan eksekutif Huthwaite John Golden, ada tujuh cara ampuh untuk membuat barang Anda laku keras di pasaran seperti dilansir dari Forbes.com, Sabtu (11/5/2013):

1. Riset kebutuhan konsumen

Lakukan pengamatan sebelum Anda mulai menjual. Jika Anda menjual peralatan kesehatan dan klien Anda adalah rumah sakit, pelajarilah kebutuhan rumah sakit sebelum pertemuan pertama Anda dengan klien.

2. Ketahui target konsumen

Di diskusi pertama dengan pembeli, tanyakan kebutuhannya dan bagaimana dia ingin menggunakan produk-produknya.

3. Gunakan hasil riset untuk bertanya lebih dalam

Bertindak sebagai fasilitator agar pembeli lebih tahu hal-hal yang berkaitan dengan produk yang Anda jual. Tanyalah hal-hal yang tak umum sehingga konsumen mendapatkan informasi yang jauh lebih lengkap dari Anda.

4. Dengarkan konsumen

Para penjual yang menggunakan pendekatan Huthwaite lebih sering mendengarkan  daripada  bicara. Banyak penjual banyak bicara menjelaskan banyak hal yang bisa jadi tak sesuai dengan kebutuhan konsumen. Biarkan dia bicara soal kebutuhannya. Ingat, jadilah pendengar yang baik bagi konsumen.

5. Bertindaklah sebagai konsultan

Buat konsumen merasa nyaman dan yakin dengan produk Anda. Buatlah seolah ia mendapatkan saran dari ahli untuk meningkatkan bisnisnya.

6. Jika pembeli dalam bentuk tim, dekati tiap anggotanya

Dekati ketua timnya dan bertanyalah pada tiap pembeli agar mendapatkan apa yang diinginkan tiap individu.

7. Hadirkan produk Anda sebagai solusi bagi pembeli

Tekankan pemasaran lebih kepada kebutuhan pembeli daripada bicara banyak soal kualitas. Jadikan produk Anda sebagai solusi untuk masalah-masalah konsumen. (Ndw) (Ndw)
Comments
Sign in to post a comment