Sukses

3 Pesan SBY untuk Menkeu Baru Chatib Basri

Presiden SBY memberikan tiga tugas penting bagi Chatib Basri yang telah ditunjuk menjadi Menkeu yang baru menggantikan Agus Martowardojo. Apa pesan khusus SBY untuk menkeu baru?

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan tiga tugas penting bagi Chatib Basri yang telah ditunjuk menjadi Menteri Keuangan (Menkeu) yang baru menggantikan Agus Martowardojo.

Dalam keterangan pers di Kantor Presiden, Senin (20/5/2013), SBY mengatakan tugas pertama yang harus dikerjakan Chatib adalah menjaga, mengembangkan, dan menjalankan kebijakan fiskal secara hati-hati (prudent).

Dalam perekonomian dunia yang masih penuh gejolak saat ini, SBY menganggap, kondisi fiskal Indonesia harus terjaga dengan baik. "APBN kita harus dijaga kesehatannya. Oleh karena itu kebijakan yang prudent adalah amat penting dijaga," katanya.

Tugas kedua yang diamanatkan presiden pada Chatib adalah memberikan dukungan kebijakan agar investasi terus meningkat.

SBY juga berpesan agar Menkeu baru harus bisa memberikan dukungan kebijakan agar investasi yang mengalir dapat menciptakan tenaga kerja yang besar termasuk industri yang membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas.

Selain ketiga pesan tersebut, SBY juga mengingatkan Chatib Basri agar tetap menjalankan tugas-tugas yang sudah berjalan seperti saat ini.

Utamanya, ujar SBY, Menkeu baru harus mengawal rencana Anggaran pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2013 sekaligus RAPBN 2014.

"Tentu diperlukan kecekatan dan kerja keras untuk mengemban tugas yang penting ini.Ssaya sudah menegaskan kepada Menkeu diperlukan kerjasama tim yang baik di antara jajaran kabinet sehingga tiga tugas pokok bisa berjalan baik," kata SBY.

Seperti diketahui, presiden SBY akhirnya memilih Chatib Basri sebagai Menkeu yang baru. Pelantikan Chatib dijadwalkan akan berlangsung pada Selasa, 31 Mei 2013. (Shd/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini