Sukses

Chatib Basri jadi Menkeu, Dirut Pertamina Isi Posisi Kepala BKPM?

Kepastian penunjukan Chatib Basri sebagai Menkeu baru menyisakan pertanyaan seputar pengganti Kepala BKPM. Beredar nama Dirut Pertamina, Karen Agustiawan bakal menjabat orang nomor satu di lembaga tersebut

Kepastian penunjukan Chatib Basri sebagai Menteri Keuangan menggantikan Agus Martowardojo menyisakan pertanyaan seputar pengganti Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Maklum Chatib sebelumnya menjabat sebagai orang nomor satu di BKPM.

Kabar kosongnya posisi Kepala BKPM memunculkan berbagai spekulasi. Satu diantara sederat nama yang muncul adalah Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Karen Agustiawan.

Dikutip dari laman Dow Jones, dua orang sumber yang tak mau disebutkan namanya mengungkapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemungkinan bakal menunjuk Karen sebagai Kepala BKPM.

Dikonfirmasi mengenai kabar tersebut, Menteri Perindustrian MS Hidayat justru menampik prediksi tersebut. "Nggak lah," tegasnya di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (20/5/2013).

Hidayat memperkirakan penunjukan Kepala BKPM baru kemungkinan tidak akan lama lagi dilakukan presiden.

Sebagai promotor Indonesia, ujar Hidayat, Kepala BKPM yang baru setidaknya harus memiliki kriteria sebagai individu yang mengerti dunia investasi. Kriteria lain adalah seseorang yang mampu mempromosikan Indonesia di dunia internasional.

"Mendampingi presiden dalam rangka menghadapi forum-forum dan bisa berunding," kata Hidayat.

Disinggung mengenai kriteria yang tepat untuk mengisi kepala BKPM, Hidayat mengatakan, posisi kosong tersebut bisa diisi oleh figur yang bisa berasal dari pengusaha maupun pemerintahan. (Fik/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.