Sukses

10 Insiden Pertambangan Paling Mengerikan Sejagat

Insiden kecelakaan kerap terjadi pada proses penambangan logam, batu-batu mineral, maupun batu bara. Setiap tahun, ribuan pekerja tambang di dunia kehilangan nyawanya di tempatnya bekerja.

Musibah runtuhnya tambang bawah tanah milik PT Freeport Indonesia yang hingga Senin 20 Mei ini menewaskan 17 orang telah menghentak dunia tentang rawannya bekerja di sektor pertambangan.

Insiden kecelakaan kerap terjadi pada proses penambangan logam, batu-batu mineral, maupun batu bara. Setiap tahun, ribuan pekerja tambang di dunia kehilangan nyawanya dalam kecelakaan-kecelakaan di lokasi pertambangan.

Kebanyakan korban tewas dilaporkan berasal dari tambang negara-negara berkembang. Sejauh ini, rekor keamanan pertambangan terburuk masih dipegang China.

Bahkan sampai Senin ini, ratusan (data dirahasiakan pemerintah China) tewas setiap tahun dalam kecelakaan tambang di China.

Mengutip laman yang mengulas bencana-bencana terparah dunia, Epic Disasters yang berbasis di Amerika Serikat menyusun 10 kecelakaan tambang paling mengerikan di dunia berdasarkan jumlah korban terbanyak seperti melansir, Senin (20/5/2013):


1. 26 April 1942

Lokasi: Honkeiko Colliery, China

Bencana pertambangan paling parah selama ini, sebanyak 1.549 pekerja tambang tewas di lokasi tambang yang beroperasi di Manchuria, Jepang.

China memang memiliki sejarah keselamatan tambang yang sangat mengerikan. Jepang juga bersalah dalam kecelakaan ini sebab para pekerja tambang China diperlakukan seperti budak oleh Jepang.


2. 10 Maret 1906

Lokasi: Courrieres, Perancis

Sebanyak 1.100 pekerja tambang tewas karena ledakan lokasi tambang batu bara.


3. 9 November 1963

Lokasi: Omuta, Jepang

Sebuah ledakan di tambang batu bara menewaskan 447 jiwa.


4. 14 Oktober 1913


Lokasi: Senghenydd, Wales, Inggris

Bencana paling mengerikan di pertambangan batu bara Welsh menghilangkan nyawa 438 pria dewasa dan remaja.


5. 1 Januari 1960


Lokasi: Coalbrook, Afrika Selatan

Bencana awal tahun ini menelan 437 korban jiwa pekerja tambangnya.


6. 6 Juni 1972


Lokasi: Wankie, Rhodesia

Sebanyak 427 pekerja tewas dalam ledakan di tambang batu bara.


7. 28 Mei 1965


Lokasi: Dhanbad, India

Kebakarang di lokasi tambang batu bara menewaskan 375 pekerjanya.


8. 27 Desember 1975


Lokasi: Chasnala, India

Sebuah ledakan tambang batu bara yang disusul banjir besar menewaskan 372 orang.


9. 12 Desember 1866

Lokasi: Barnsley, Inggris

Bencana di lokasi tambang ini menelan 361 korban pekerjanya.


10. 6 Desember 1907

Lokasi: Monongah, West Virginia, Amerika Serikat.

Dengan tewasnya 361 korban pada insiden di tambang ini, dinilai menjadi kecelakaan tambang terburuk sepanjang sejarah Amerika Serikat. Bencana ini juga disebut-sebut sebagai asal perayaan hari ayah.

Seorang wanita bernama Grace Clayton meminta gerejanya untuk menyelenggarakan memorial Minggu guna mendoakan para ayah yang meninggal di lokasi tambang. Upacara duka dilakukan di Gereja Fairmont, West Virginia. (Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini