Sukses

Hatta Rajasa Sumringah Lepas Jabatan Plt Menkeu

Pelantikan Chatib Basri sebagai menkeu baru disambut kelegaan oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa. Maklum Hatta selama ini mendapat tambahan tugas sebagai Pelaksana Tugas Menkeu.

Pelantikan Muhammad Chatib Basri sebagai Menteri Keuangan yang baru disambut kelegaan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa. Sejak posisi Menkeu lowong karena ditinggalkan Agus Martowardojo yang terpilih sebagai Gubernur Bank Indonesia, Hatta mendapat tambahan tugas sebagai Pelaksana Tugas Menkeu.

“Yang penting sekarang saya agak rileks karena memang tugasnya berat,” ujar Hatta usai pelantikan Chatib Basri di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/5/2013).

Hatta mengatakan, seorang Menkeu memang dibebankan oleh tugas yang sangat menguras energi diantaranya memeriksa berbagai dokumen yang terkait dengan keuangan negara. “

Yang diperiksa itu saja bisa 2 tas bahannya kalau dibawa ke rumah,” terang Hatta.

Namun, terpilihnya Chatib Basri sebagai Menkeu juga menyisakan pekerjaan rumah bagi pemerintah untuk memilih kembali calon Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Terkait hal ini Hatta memilih tak banyak bicara.

"Kita tunggu saja, semuanya akan diketahui dalam waktu dekat," ujar dia.

Pada kesempatan terpisah, Humas Kemenko, Sofyan di Kantor Kemenkeu, Jakarta, mengatakan pelaksanaan serah terima jabatan Menkeu antara Chatib Basri dan Hatta Rajasa bakal digelar siang ini.

"Ya Chatib Basri dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa bakal menggelar Sertijab bersama," katanya

Agenda Sertijab ini dijadwalkan akan berlangsung mulai pukul 13.30 WIB. Dengan terpilihnya Chatib Basri sebagai Menkeu definitif, itu berarti jabatan Pelaksana Tugas (Plt) Menkeu yang disandang Hatta secara otomatis berakhir.(Fik/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.