Sukses

Hatta Rajasa Enggan Beberkan Calon BKPM yang Baru

Pemerintah belum mengumumkan pengganti Chatib Basri sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanam Modal (BKPM).

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Muhammad Chatib Basri resmi dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Menteri Keuangan (Menkeu).

Namun, hingga kini belum jelas sosok pengganti yang akan menempati posisi yang ditinggalkan Chatib sebagai Kepala BKPM sepeninggal Chatib Basri.

"Presiden sudah memikirkan itu, tapi saya jangan dulu ngomong," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/5/2013).

Hatta mengatakan, sosok Kepala BKPM yang baru bisa dari mana saja asal memenuhi kriteria. "Bisa bersumber dari kalangan dunia usaha atau dari profesional BUMN," imbuhnya.

Menurut Hatta, ada kriteria yang ditetapkan untuk calon pengganti Chatib, yaitu dia harus tetap menjaga iklim investasi dan harus menyelesaikan hal-hal yang berkaitan dengan kemudahan berusaha dan paket kebijakan ekonomi yang mendorong investasi.

"Itu saya sudah bicarakan dengan Pak Chatib, kita harus mengeluarkan paket baru kebijakan ekonomi Indonesia untuk menjaga momentum dan investasi, yang berkaitan dengan insentif," ujarnya.

Kabar yang beredar santer menyebutkan bahwa Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan, akan ditunjuk menjadi Kepala BKPM. Sedangkan pengganti Karen adalah Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Hanung Budya. (Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini