Sukses

Chatib Basri Rancang Strategi Pembuat Jera Oknum Pajak

Menkeu Chatib Basri mengeluhkan banyaknya penangkapan oknum pajak nakal yang tertangkap tangan melakukan tindak pidana kasus suap atau korupsi.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengeluhkan banyaknya penangkapan oknum pajak nakal yang tertangkap tangan melakukan tindak pidana kasus suap atau korupsi. Ke depan, Chatib berjanji akan membuat langkah yang bisa menimbulkan efek jera bagi pegawai pajak yang berani melakukan tindak pidana.

"Kami akan dengar cerita dari Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak mengenai penangkapan pegawai pajak yang baru-baru ini terjadi," kata dia di Jakarta, Selasa (21/5/2013).

Chatib menyadari bila kasus pelanggaran disiplin tersebut bukanlah yang pertama. Bahkan sudah kerap kali terjadi. "Kami akan pikirkan langkah-langkah baik yang harus dilakukan seperti apa. Karena kejadian ini sudah berulang kali," tuturnya.

Langkah pencegahan atau penanganannya, kata dia, bukan sekadar berupa hukuman pidana atau pemecatan. Tapi juga harus ada tindakan preventif sehingga bisa menimbulkan efek jera bagi oknum pajak yang melakukan penyelewengan pajak bahkan pegawai lain.

"Memang harus ada tindakan prefentif, tapi tidak bisa disampaikan sekarang," ucap Chatib.

Seperti diketahui, KPK menangkap dua pegawai Pajak dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT), Rabu (15/5/2013) pagi. Kedua oknum pegawai dari KPP Jakarta Timur itu ditangkap karena diduga menerima suap terkait pengurusan pajak suatu perusahaan.

Selain itu, KPK juga secara resmi menetapkan dua oknum pegawai Kanwil Ditjen Pajak (KDP) Jakarta Timur sebagai tersangka pada kasus dugaan pengurusan wajib pajak.(Fik/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini