Sukses

Tugas Pertama Menkeu Baru, Ubah Asumsi Makro RI 2013

Chatib Basri langsung memulai tugas barunya sebagai Menkeu dengan menyambangi gedung parlemen DPR. Di gedung rakyat itu, Chatib akan melakukan pembahasan RAPBN-Perubahan 2013 bersama Banggar DPR.

Chatib Basri langsung memulai tugas barunya sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) dengan menyambangi gedung parlemen DPR. Di gedung rakyat tersebut, Chatib akan melangsungkan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara-Perubahan (RAPBN-P) 2013 bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.

Mengenakan jas hitam, Pria berkacamata ini datang ke Gedung DPR sekitar pukul 09.30 WIB. Tanpa banyak berkomentar, Chatib mencoba untuk menenangkan diri bersama para pejabat Kementerian Keuangan lain sebelum menggelar rapat.

"Nanti saja ya ngobrolnya," tutur dia singkat lalu masuk ke ruangan khusus Banggar, Jakarta, Rabu (22/5/2013).

Rapat pembahasan RAPBN-P 2013 tersebut dijadwalkan berlangsung pada pukul 10.00 WIB. Namun hingga saat ini, rapat belum juga dimulai.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Any Rahmawaty pada kesempatan yang sama menuturkan pemerintah akan membahas perubahan asumsi makro ekonomi Indonesia seiring dengan perkembangan ekonomi dunia yang masih belum pulih.

"Asumsi makro yang berubah, antara lain pertumbuhan ekonomi yang dipatok 6,2%, inflasi 7,2%, harga minyak mentah Indonesia US$ 108 per barel, dan nilai tukar rupiah sebesar Rp 9.600 per dolar AS," tukasnya.

Any menjelaskan bahwa tekanan inflasi terjadi akibat pengaruh dari dampak global sehingga mendorong penguatan terhadap mata uang dolar.

"Koreksi kurs rupiah dan pertumbuhan ekonomi  juga dipengaruhi akibat pelemahan ekspor dan impor lantaran perlambatan ekonomi dunia," pungkasnya.(Fik/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini