Profil Agus Martowardojo si Gubernur BI yang Dilantik Hari Ini

  • Energi & Tambang
  • 0
  • 24 Mei 2013 07:33
Agus Martowardojo bakal diambil sumpah jabatannya menjadi Gubernur Bank Indonesia periode 2013-2018 pada Jumat (24/5/2013) di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta. Pria yang memiliki nama lengkap Agus Dermawan Wintarto Martowardojo ini akan menggantikan Darmin Nasution yang telah habis masa jabatannya pada 22 Mei 2013.

"Iya, pelantikan besok (hari ini) di Mahkamah Agung," ungkap Direktur  Departemen Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat, Difi Johansyah saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (23/5/2013) malam.

Rencananya pelantikan akan dihadiri oleh Wakil Presiden Boediono dan lembaga pemerintah terkait lainnya. "Yang pasti Bapak Wapres, DPR, Jajaran Pejabat BI, OJK dan Menteri Keuangan akan hadir," terang Difi.

Rencananya setelah mengucapkan sumpah jabatan di depan Ketua Mahkamah Agung, Agus langsung berkantor di ruangan Gubernur BI di Komplek Bank Indonesia di Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Sekadar informasi, Agus Martowardojo telah lulus menjalani uji kelayakan (fit and proper test) yang digelar DPR dan resmi disahkan DPR pada 2 April 2013.  Mantan Bos Bank Mandiri tersebut terbilang bukan orang baru di dunia perbankan.

Agus telah memulai kariernya sebagai bankir sejak 1984. Lalu bagaimana sepak terjang Agus?

Seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, karier mantan Menteri Keuangan tersebut di dunia perbankan terbilang cukup cemerlang. Sebelum menjadi Menteri Keuangan, pria kelahiran Amsterdam, 24 Januari 1956 tersebut pernah menjadi orang nomor satu di empat bank nasional yaitu Direktur Utama (Dirut) Bank Bumiputera (1995-1998), Dirut Bank Ekspor Impor Indonesia (1998), Dirut Permata Bank (2002-2005) dan Direktur Bank Mandiri (16 Mei 2005-20 Mei 2010). Di Bank Mandiri, Agus menggantikan ECW Neloe yang terlibat dugaan kasus korupsi.

Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini mengawali kariernya sebagai Officer Development Program & International Loan di Bank of America pada 1984. Kemudian dia pindah ke Bank Niaga sebagai Corporate Banking Group di Jakarta dan Surabaya mulai (1985-1994) serta Deputy Chief Executive Officer Maharani Holding (1994).

Selain pernah menjadi penasehat untuk Ketua dan Wakil Ketua Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) untuk bidang Perbankan (2002), jebolan Stanford University, Palo Alto, USA ini juga aktif di sejumlah organisasi perbankan. Agus tercatat pernah menjadi Ketua Asosiasi Bankir Indonesia, Ketua Himpunan Bank Milik Negara, Ketua Umum Perhimpunan Bank-bank Umum Nasional Swasta (Perbanas) serta Ketua Bankers Club Indonesia.

Rekam jejak Agus di dunia perbankan tidak diragukan lagi. Dengan percaya diri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajukan Agus sebagai calon tunggal Gubernur Bank Indonesia pada akhir Februari lalu.

Padahal pada 2008, Agus pernah dicalon menjadi Gubernur BI, namun DPR menolaknya lewat uji kelayakan dan kepatutan. Kini berbekal pengalaman selama 29 tahun berkecimpung di dunia perbankan, Agus melenggang memimpin bank sentral. Mari kita tunggu gebrakan Agus selanjutnya. (Yaz/Ndw)

(Ndw)

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler