Foxconn Kucurkan Rp 48,9 Triliun Bangun Pabrik Ponsel

on

Menteri Perindustrian MS Hidayat memastikan Foxconn Technology Group akan membangun pabrik komponen dan gadget di Indonesia dengan total nilai investasi mencapai US$ 5 miliar, setara Rp 48,9 triliun pada tahun ini.

Pemasok komponen Apple dari negeri Taiwan itu sebelumnya sukses menggandeng Agung Sedayu Grup sebagai mitra lokal untuk membangun pabrik telepon seluler di tanah air.

"Investasi jangka panjangnya hingga US$ 5 miliar," kata Hidayat di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Jumat (24/5/2013).

Investasi tersebut merupakan penanaman modal Foxconn dalam 10 tahun ke depan. Sebelum masuk pada tahap tersebut, perusahaan manufaktur ini akan membangun pabrik Ponsel yang diperkirakan menelan dana ratusan juta dolar Amerika Serikat (AS).

"Bangun pabrik yang kecil atau kapasitas tidak terlalu besar dengan investasi ratusan juta dolar AS," jelasnya.

Dalam hal ini, bentuk komitmen Agung Sedayu, menurut Hidayat, berupa penyediaan lahan untuk pabrik Foxconn. Maklum saja, Agung Sedayu Grup saat ini fokus pada bisnis properti.

Seperti diketahui, Agung Sedayu merupakan perusahaan properti milik konglomerat Sugianto Kusuma. Rencananya, investasi Agung Sedayu bukan saja dari sisi lahan, melainkan investasi di bidang manufaktur maupun distribusi Ponsel. (Fik/Shd)

Credit Shd

Suka artikel ini?
Fiki Ariyanti
Fiki Ariyanti

  Full bio »

0 Comments