Sukses

4 Cara Mudah dan Murah Buat Tim Kerja yang Kompak

Menyatukan semua karyawan agat tetap kompak dan bekerja produktif tentu menguras tenaga dan pikiran atasannya. Namun masih banyak cara murah dan hemat untuk membuat tim kerja kompak. Bagaimana caranya?

Menyatukan semua karyawan agat tetap kompak dan bekerja produktif tentu menguras tenaga dan pikiran atasannya.

Hal ini setidaknya dialami perusahaan sepeda, Niner Bikes yang berbasis di Fort Collins, Amerika Serikat yang memiliki departemen-departemen terpecah di berbagai negara. Departemen keuangannya berada di Los Angeles, bagian pemasaran ada di Salt Lake City, sementara staff quality control-nya ada di Taiwan dan tempat produksi sepeda di Vietnam.

CEO Niner Bikes, Chris Sugai, bahkan mengaku dirinya jarang berada di kantor. Begitupula 30 karyawannya yang lain.

Lewat pengalamannya sebagai CEO dengan karyawan yang tersebar di berbagai negara,  Chris berbagi 4 tips untuk menjaga kekompakan para karyawannya seperti dilansir dari inc.com, Jumat (24/5/2013):

1. Percayalah pada karyawan namun tetap pantau secara rutin

Membiarkan pegawai bekerja jarak jauh merupakan salah satu hal terbaik yang pernah dilakukan Niner Bikers. Metode ini tumbuh secara alamiah seiring berkembangnya perusahaan.

Saat Anda memberi kepercayaan pada orang lain, orang lain tak akan begitu saja memanfaatkannya. Sederhana saja, amati kinerjanya, kalau tak memenuhi standar, Anda tinggal memecatnya. Biasanya, dalam satu kuartal, satu orang keluar.

2. Kata-kata, gambar, dan Skype

Sugai tercatat hanya datang ke kantor pusat sebanyak 3-4 kali setahun. Namun dia memiliki teknik khusus untuk mengumpulkan para pegawainya selama sebulan sekali.

Sebulan sekali, Sugai mengadakan perbincangan menggunakan Skype untuk membahas isu-isu yang akan dilakukan sepekan ke depan.

Komunikasi yang berkualitas memiliki peran penting bagi tim produksi perusahaan yang berada di luar negeri.

3. Hindari perbedaan yang bisa membuat tim tak kompak

Niner Bikers beranggapan tinggal di satu bangunan perusahaan tak banyak melahirkan inovasi. Banyak orang cenderung punya gagasan dari lingkungannya masing-masing. Perbedaan Geografis melahirkan banyak inovasi baru.

Contohnya perusahaan sepeda yang dikelola Sugai, lewat obrolan dengan karyawan di Arizona soal jalanan berbatu dan berdebu disana, perusahaan lalu memproduksi sepeda sesuai dengan masalah tersebut.

4. Perkuat kekompakan dengan kegiatan menyenangkan

Jarang berkomunikasi, atau sekadar mengobrol ringan sering menjadi penyebab karyawan di suatu perusahaan terpecah.

Setiap tahun, Niner Bikers menutup perusahaan dan menghabiskan waktu selama 4 hari untuk dihabiskan dengan bersepeda dan berkemah bersama. Perjalanannya sangat menyenangkan, dan mendekatkan hubungan satu sama lain.(Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.