Sukses

Terima Airbus A320, Citilink Yakin Rebut Pasar Liburan dan Mudik

PT Citilink Indonesia, meluncurkan pesawat terbarunya dari keluarga Airbus jenis A320. Kedatangan 22 unit pesawat Airbus itu dilakukan untuk menambah armada sekaligus meningkatkan layanan penerbangan murah.

Anak perusahaan maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia Tbk, PT Citilink Indonesia, meluncurkan pesawat terbarunya dari keluarga Airbus jenis A320. Kedatangan pesawat Airbus terbaru tersebut dilakukan untuk terus menambah armada guna meningkatkan layanan penerbangan dan terus memberikan jasa penerbangan berbiaya murah.

"Airbus A320 terbaru ini akan memperkuat armada kami dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat," ujar Arif Wibowo, Chief Executive Officer (CEO) PT Citilink Indonesia di Garuda Maintenance Facility, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Minggu (26/5/2013)

Kehadiran 22 unit Airbus A320 ini akan menambah total armada Citilink menjadi 29 unit. Sebelumnya Citilink sendiri telah memiliki enam unit Boeing 737–300, dan satu unit Boeing 737–400. Airbus A320 ini merupakan jenis pesawat penumpang komersil jarak dekat sampai menengah yang di produksi oleh Airbus.

Pesawat yang memiliki single aisle ini merupakan pesawat penumpang pertama dengan sistem kendali fly-by-wire digital. Sistem ini membantu pilot dapat mengendalikan penerbangan melalui penggunaan sinyal elektronik. Airbus A320 sendiri adalah satu-satunya kelompok pesawat berbadan sempit (narrow-body) yang diproduksi Airbus di Toulose, Prancis.

Pesawat yang memiliki kapasitas 180 penumpang ini dilengkapi dengan Electronic Centralised Aircraft Monitor (ECAM) atau monitor pesawat elektronik terpusat yang memberikan informasi kepada awak pesawat mengenai semua sistem di dalam pesawat. ECAM ini juga menyediakan peringatan otomatis terhadap kerusakan sistem dan memperlihatkan daftar elektronik untuk mengatasi kerusakan tersebut.

"Pengoprasian pesawat ini diharapkan akan semakin meningkatkan konektivitas kota-kota destinasi Citilink, khususnya saat libur sekolah dan musim mudik tahun ini," tandas Arif. (Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini