Sukses

Wuih, RI Masih Punya Potensi Cadangan Minyak 50 Miliar Barel

Kementerian ESDM memperkirakan potensi cadangan minyak Indonesia yang belum ditemukan sebesar 50 miliar barel. Saat ini cadangan terbukti minyak yang baru ditemukan sekitar 3,6 miliar barel.

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan Indonesia masih memiliki potensi cadangan minyak yang belum ditemukan sebesar 50 miliar barel.

"Ini resources yang masih kita cari-cari berpotensi diatas 50 miliar barel," kata Wakil Menteri ESDM Susilo Siswo Utomo di Jakarta, Kamis (30/5/2013).

Indonesia saat ini  telah cadangan minyak terbukti sebesar 3,6 miliar barel. Oleh karena itu, untuk menambah ketahanan energi, Susilo mengajak semua kalangan untuk melakukan pencarian cadangan minyak.

Menurut Susilo, saat ini instansinya tengah menggalakkan upaya pembuktian cadangan tersebut dengan melakukan eksplorasi secara masif. "Terus lakukan eksplorasi agar menjadi cadangan minyak. Karena eksplorasi tanggung jawabnya adalah pemerintah," tutur Susilo.

Tak hanya pemerintah, lanjut dia, pencarian peningkatan cadangan tersebut juga tergantung pada Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS). Namun dalam melakukan eksplorasi KKKS masih mengalami banyak kendala, salah satunya masalah perizinan.

"Eksplorasi sih bisa dilaksanakan kalau kontraktor mau melaksanakan yang penuh resiko" pungkasnya.

Data SKK Migas menunjukkan cadangan minyak RI terus menurun. Pada awal 2012, cadangan minyak Indonesia berada di level 3,74 miliar barel, namun di awal tahun ini turun 150,39 juta barel menjadi 3,59 miliar barel.

Produksi minyak tahunan yang lebih besar dibanding penemuan cadangan minyak baru menyebabkan berkurangnya cadangan.

Penemuan cadangan minyak baru sepanjang 2012 mencapai 164,28 juta barel, sementara jumlah minyak yang diproduksikan sebesar 329,9 juta barel.

Rasio penemuan cadangan baru terhadap produksi (reserves replacement ratio/RRR) 42%. Padahal idealnya, angka reserves replacement ratio di atas 100% agar setiap satu barel minyak yang diproduksi dapat diimbangi dengan penemuan cadangan dari kegiatan eksplorasi yang hasilnya lebih dari satu barel. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.