Ingin Coba Jadi Pengusaha? Kunjungi Pameran Waralaba IFRA

  • Ekonomi
  • 0
  • 31 Mei 2013 13:00
Mau jadi pengusaha?, Tak perlu bingung, Anda dapat menyambangi pameran waralaba internasional (International Franchise, License & Business Concept Expo & Conference/IFRA) 2013 yang berlangsung dari 31 Mei-2 Juni 2013.

Berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, event tahunan ini diikuti sekitar 300 perusahaan waralaba dari dalam maupun luar negeri.

IFRA tahun ini terselenggara atas kerjasama Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pariwisata.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Jimmy Bella mengungkapkan apresiasinya terhadap penyelenggaraan pameran ini.

"Kami memberikan penghargaan setinggi tingginya kepada waralaba Indonesia karena Usaha Kecil dan Menengah waralaba ini mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata dia saat membuka IFRA 2013 di Jakarta, Jumat (31/5/2013).

Kementerian Perdagangan, tutur dia, turut mendukung industri waralaba tanah air dengan berbagai kebijakan, diantaranya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 53 Tahun 2012 soal Penyelenggaraan Waralaba, Nomor 68 Tahun 2012 terkait Toko Modern dan yang belum lama ini Permendag Nomor 07 Tahun 2013 tentang Pengembangan Kemitraan untuk Jenis Usaha Makanan dan Minuman.

"Dengan pameran ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah pengunjung hingga lebih dari 14 ribu orang karena sangat bermanfaat bagi calon mitra untuk mencari usaha atau bisnis franchise yang sesuai dengan kebutuhan maupun bujet," terang dia.

Perkembangan waralaba Indonesia, menurut dia cukup berkembang pesat, dengan berbagai dukungan sistem maupun pengembangan akses pasar yang lebih baik.

Selain itu, Jimmy bilang, pihaknya juga tengah melakukan pembinaan terhadap 240 calon franchisee yang telah terseleksi mulai bulan ini dan gratis.

"Tahun lalu saja sudah ada sekitar 1.700 business opportunity yang bisa dikembangkan. Untuk itu, waralaba Indonesia mudah-mudahan dapat bertumbuh dengan tertib sehingga membantu perekonomian negara ini," tukas dia.

Sementara itu Ketua Asosiasi Franchise Indonesia Anang Sukandar mengaku, perkembangan industri bisnis franchise memberikan kontribusi dengan total penjualan baik dari waralaba maupun business opportunity mencapai Rp 190 triliun pada tahun ini.

"Target penjualan tahun lalu mencapai Rp 161 triliun, jadi diharapkan bisa menembus Rp 190 triliun di 2013 dengan multiplier effect sekitar 5 juta tenaga kerja," pungkasnya.

Pihak penyelenggara menargekan jumlah pengunjung pameran bisa menembus lebih dari 15 ribu pengunjung, atau naik 10%-15% dari tahun lalu sebanyak 14 ribu pengunjung.  Adapun target transaksi yang diraup dari pameran tahunan tersebut ditargetkan mencapai Rp 350 miliar-Rp 400 miliar.(Fik/Nur)

Credit: Nrm

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler