Sukses

Warga Medan Bisa Terbang ke Penang Pakai Garuda

Garuda Indonesia membuka rute penerbangan baru dari Medan menuju Penang untuk mengembangkan jaringan penerbangan di regional Indonesia Barat.

PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) membuka rute penerbangan baru Medan (Sumatera Utara)-Penang (Malaysia). Hal ini dilakukan untuk mengembangkan jaringan penerbangan di regional Indonesia Barat dan memperkuat posisi Medan sebagai hub baru perseroan.

Peresmian penerbangan Garuda Indonesia rute Medan–Penang–Medan tersebut dilaksanakan secara bersama–sama oleh Penang Chief Minister Lim Guan Eng dan Vice President Asia Region Garuda Indonesia, Nicodemus Lampe, di Gate A3 Penang International Airport, Malaysia, Sabtu (1/6/2013).

Menurut Lim Guan Eng, saat ini tingkat perjalanan Medan–Penang dan sebaliknya cukup tinggi. Selain perjalanan bisnis dan wisata, banyak masyarakat Medan yang juga menjalani pendidikan ataupun perawatan kesehatan di Penang.  Peresmian rute ini tentunya akan turut mendorong pertumbuhan bisnis maupun perdagangan di kawasan ini.

"Apalagi Medan merupakan kota yang sangat strategis dan merupakan pintu gerbang untuk Sumatera dan Indonesia Bagian Barat” ungkapnya seperti yang dikutip dari keterangan tertulisnya.

Garuda Indonesia  melayani penerbangan Medan–Penang–Medan sebanyak dua kali penerbangan dalam satu hari, menggunakan pesawat baru Bombardier CRJ1000 NextGen dengan kapasitas kursi sebanyak 96 penumpang dengan konfigurasi 12 penumpang di Kelas Eksekutif dan 84 penumpang di kelas ekonomi.

Penerbangan pertama GA 802, berangkat dari Medan pukul 06.05 LT dan tiba di Penang pada pukul 07.55 LT, kemudian terbang kembali ke Medan (GA 803) pukul 08.40 LT dan tiba di Medan pukul 08.30 LT. Sementara penerbangan kedua, GA 804, berangkat dari Medan pukul 13.55 LT, tiba di Penang pukul 15.45 LT, dan terbang kembali ke Medan (GA 805) pukul 16.35 LT dan tiba di Medan pukul 16.25 LT.

Vice President Asia Region Garuda Indonesia Nicodemus Lampe mengatakan bahwa pembukaan rute baru tersebut selain merupakan salah satu bagian dari program pengembangan rute, juga merupakan upaya Garuda Indonesia untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa dengan memberikan lebih banyak pilihan rute.

“Melalui pembukaan rute ini diharapkan akan semakin mempermudah para pengguna jasa yang berasal dari wilayah Penang menuju Medan maupun wilayah–wilayah sekitarnya, dan juga sebaliknya” tambah Nicodemus.

Sebagai bagian dari program pengembangan jaringan penerbangan/network domestik maupun internasional yang dilaksanakan oleh Garuda Indonesia. Pada Mei 2013 lalu, Garuda meresmikan Medan sebagai hub keempat, setelah Jakarta, Denpasar dan Makassar.

Peresmian hub Medan tersebut didahului dengan pembukaan rute-rute baru yaitu Medan–Batam, Medan–Padang dan Medan–Palembang sejak 15 April 2013 lalu. Saat ini Garuda Indonesia melayani penerbangan Indonesia – Malaysia melalui rute Jakarta – Kuala Lumpur sebanyak 2 kali penerbangan sehari. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini