Yuk, Tengok Panen Udang `Jumbo` di Subang

  • Ekonomi
  • 0
  • 01 Jun 2013 18:37
Petani tambak atau pembudidaya udang Subang, Jawa Barat mengaku bisnis budidaya udang mereka makin moncer setelah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan program revitalisasi tambak udang.

Buktinya hari ini, Sabtu (1/5/2013), salah satu petani tambak udang memanen tak kurang dari 10 ton udang ukuran 30 ekor per kilogram (kg), dari dua kolam atau setara sekitar satu hektare.

Harga jual udang ukuran ini, mencapai Rp 72 ribu per kilogram, lebih menguntungkan daripada udang ukuran 50 ekor per kg yang dibanderol Rp 56 ribu per kg.

"Kalau buat petani menguntungkan yang ukuran 30 ekor per kg," kata Ketua KUD Bina Karya Bukti Sejati, Carkimudin, Sabtu, (1/6/2013).

Dan, nyatanya permintaan udang ukuran ini cukup tinggi. Menurut Carkim, dirinya tidak perlu lagi mencari pembeli untuk udang yang baru dipanennya. Para pembeli dari sejumlah daerah berdatangan ke tambak, atau menghubungi petani untuk mengambil udang-udang tersebut dan meneruskannya untuk industri maupun ekspor.

"Supplier datang sendiri ke kita dari Semarang, Surabaya, Lampung, Serang, Jakarta, Cirebon. Mereka meneruskan ke pabrik," ungkap Carkim.

Selain itu, petani juga lebih diuntungkan lagi dengan sistem lelang yang diterapkan di KUD pimpinan Carkim. Melalui sistem lelang, pemasok yang berhasil mendapatkan pasokan udang adalah yang berani membeli dengan harga tinggi.

"Siapa yang tertinggi itu yang dikasih. Panen kali ini yang dapat supplier dari Semarang," jelas Carkim.

Namun, tidak semua yang dipanen dijual ke supplier yang berani membeli dengan harga tertinggi. Dari sekitar 10 ton udang yang dipanen, sekitar sebanyak dua ton disisakan untuk supplier lain.

"Asal mereka mau beli dengan harga pemenang lelang. Jadi, kita bagi-bagi lah," pungkas Carkim.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB), Kementerian Kelautan dan Perikanan, Slamet Soebjakto menyatakan, panen udang kelompok tani yang dipimpin Carkim, merupakan tambak  demonstration farming (demfarm) pertama yang berhasil memproduksi ukuran 30 ekor per kg.

"Ini merupakan demfarm yang berhasil," katanya.

Ini dia foto-foto panen udang Jumbo:

1. Lahan budidaya (tambak) udang di Subang, Jawa Barat.


2. Buruh tani tambak memanen udang ukuran 30 ekor per kg.


3. Udang yang dipanen ke tempat pengumpulan.


4. Buruh tani tambak mencuci udang hasil panen.


5. Udang kemudian disortir.


6.  Udang dikemas sebelum dijual ke pembeli.



(Est/Ndw)

(Ndw)

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler