Sukses

5 Jurus Jitu Supaya Bisnis Makin Moncer

Tujuan utama para pengusaha adalah mengembangkan dan memperluas jaringan bisnisnya. Terlalu fokus pada penjualan ternyata tak menjamin tercapainya tujuan tadi. Ikuti lima langkah ini untuk membuat bisnis Anda kian bersinar.

Tujuan utama para entrepreneur adalah mengembangkan dan memperluas jaringan bisnisnya. Terlalu fokus pada penjualan ternyata tak menjamin tercapainya tujuan tadi. Banyak pihak dan hal lain yang juga perlu diperhatikan.

Hal tersebut tentu saja tak mudah, mengingat Anda harus berhubungan dengan klien, pemasok barang, karyawan, pasar yang berubah-ubah, konsumen dengan setumpuk permintaannya, dan masih banyak lagi.

Sulitnya mengembangkan bisnis, bukan berarti tujuan utama tersebut tak bisa dicapai. Mari lihat 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan dan memperluas akses bisnis Anda seperti melansir laman magforwomen.com, Senin (3/6/2013):


1. Berikan insentif pada karyawan Anda

Para karyawan merupakan pemompa jantung perusahaan. Memberinya reward bisa membantu melancarkan usaha Anda. Untuk mengembangkan bisnis, Anda juga harus mengapresiasi kerja para karyawan Anda. Insetif yang Anda berikan tak selalu harus berupa uang, bisa juga ucapan selamat atau sekadar pujian.

2. Memperluas jaringan lewat klien dan vendor yang Anda

Apakah Anda bekerja dengan klien dan vendor? Apakah keduanya memberikan kontrak kerja karena suka dengan pekerjaan Anda? Ambilah peluang ini untuk mengetahui seberapa jauh bisnis Anda dapat berkembang. Dapatkan rekan bisnis baru dan rekomendasi darinya yang dapat memperluas bisnis Anda dengan pihak lain.

3. Fokus pada masukan konsumen

Hal paling sederhana untuk meningkatkan bisnis Anda adalah mendengar keinginan pasar dan konsumen. Jika konsumen tak suka dengan produk atau layanan Anda, maka hal ini akan berdampak pada penjualan Anda. Jika produk Anda tak laku di pasaran, maka akan mempengaruhi harga saham, nilai merek dan lainnya. Fokus dan dengarkan baik-baik masukan para konsumen soal bisnis Anda.

4. Buat produk lebih bervariasi

Banyak pelaku bisnis lupa bahwa usahanya bisa menggali potensi produk dan layanan yang sudah Anda untuk para konsumen. Mulailah berpikir untuk mengembangkan produk Anda dan membuatnya lebih bervariasi. Siapa yang tahu dengan variasi tersebut, Anda bisa meraih seluruh segmen pasar.

5. Membangun hubungan dengan para konsumen

Apakah Anda tahu kenapa kebanyakan pebisnis tak pernah belajar mengembangkan bisnisnya? Karena yang mereka perdulikan hanya soal meningkatkan jumlah penjualannya. Para konsumen tak suka bisnis yang tak menyediakan hubungan lebih lanjut dengannya. Misalnya, para konsumen kesulitan untuk memperbaiki atau mengembalikan barang yang tak cocok. Fokuslah membangun hubungan dengan para konsumen, tak hanya menghitungnya dalam jumlah angka. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini