Sukses

Dahlan Pastikan Garuda Kembali Terbang ke Darwin di 2014

Menteri BUMN Dahlan Iskan memastikan Garuda Indonesia akan kembali terbang ke Darwin, Australia paling cepat tahun depan.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memastikan maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) akan kembali terbang ke Darwin, Australia paling cepat tahun depan.

"Mereka sangat berharap agar Garuda buka rute Bali-Darwin lagi. Sejak krisis moneter dulu hilang rutenya. Saya bilang paling cepat tahun depan,"  ujar Dahlan usai bertemu delegasi pemerintah Darwin dalam pertemuan di Plaza Mandiri, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (5/6/2013).

Ia menjelaskan, antusias warga Darwin agar Garuda masuk lagi ke wilayah itu karena dikenal sebagai maskapai penerbangan dengan layanan yang terbaik.

"Mereka merindukan Garuda, karena pernah dulu melayani rute itu dan nyaman. Mereka memimpikan itu," tuturnya.

Namun, lanjut Dahlan, Garuda Indonesia belum bisa langsung membuka rute tersebut, mengingat saat ini maskapai penerbangan kebanggaan pemerintah tersebut masih berkonsentrasi ke pelayanan penerbangan domestik.

"Karena Garuda baru ambil tambahan armada, dan karena pertumbuhan Garuda sangat pesat di Indonesia. Maka Garuda melayani penerbangan dalam negeri terlebih dulu, karena itu pesawat untuk melayani luar negeri habis. Jadi harus nunggu sampai tahun depan," kata Dahlan.

Selain itu membahas soal Garuda, dalam pertemuan tersebut juga didiskusikan mengenai program pertukaran pelajar antara Darwin dengan sekolah-sekolah bagian Timur Indonesia.

Dalam hal pertukaran pelajar, Australia menginginkan sejumlah sekolah di Darwin kembali mengajarkan pelajaran Bahasa Indonesia. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.