Sukses

Dahlan Iskan Masuk Daftar Orang Terkaya di Indonesia

Globe Asia menobatkan 150 orang dalam daftar orang terkaya di tanah air. Bercokol di posisi 93 adalah Dahlan Iskan. Berapa kekayaannya?

Belakangan ini Majalah Globe Asia edisi Juni 2013 merilis daftar 150 orang terkaya di Indonesia. Dalam daftar tersebut, nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan menempati urutan ke 93.

"93 itu nggak menarik, kalau 10 itu menarik," tutur Dahlan di Jakarta, Rabu (5/4/2013)

Dahlan mengatakan, dirinya sebenarnya merasa akan menduduki urutan ke-30 daftar orang terkaya di Indonesia. Peringkat itu bisa saja tercapai andai dirinya masih berkecimpung di dunia bisnis.

"Seandainya saya nggak pensiun enam tahun yang lalu, mungkin saya sudah peringkat 30 besar. Jadi saya sudah melupakan itu, karena sudah sejak 6 tahun lalu saya berhenti dari bisnis, semua dipegang oleh anak saya sekarang," ungkapnya.

Tidak hanya itu, Dahlan pun mengaku dirinya tak pernah lagi mengikuri perkembangan sejumlah perusahaan yang dulu pernah dipimpinnya.

"Saya sudah nggak tahu, RUPS udah nggak datang, ke kantor juga nggak. Bertanya juga tidak. Karena apa? Anak saya juga nggak mau ditanya dan nggak mau di campuri orangtuanya," papar mantan Dirut PLN itu.

Seperti diketahui, sebelum menjadi Direktur Utama PT PLN (Persero) dan kemudian diangkat menjadi Menteri BUMN, Dahlan pernah menjadi pebisnis dengan memiliki kelompok media terbesar di kawasan timur Indonesia, Jawa Pos Group. Dari hasil survei Majalah Globe Asia, kekayaan Dahlan saat ini ditaksir mencapai US$ 370 juta.

Berikut daftar 10 Orang terkaya versi Majalah Globe Asia edisi Juni 2013 :

1.  Robert Hartono & Michael Hartono, Djarum, US$ 15,5 miliar
2.  Eka Tjipta Widjaja, Sinar Mas, US$ 13,1 miliar
3.  Anthoni Salim, First Pacific, US$ 10,1 miliar
4.  Susilo Wonowidjojo, Gudang Garam, US$ 6 miliar
5.  Martua Sitorus, Wilmar International, US$ 3,7 miliar
6.  Aburizal Bakrie, Bakrie Group, US$ 2,45 miliar
7.  Putera Sampoerna, Sampoerna Strategic, US$ 2,4 miliar
8.  Peter Sondakh, Rajawali Group, US$ 2,53 miliar
9.  Mochtar Riady, Lippo Group, US$ 2,15 miliar
10.Sukanto Tanoto, Royal Golden Eagle, US$ 2,1 miliar. (Yas/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini