Sukses

Karen Agustiawan Kembali Duduki Jabatan Direktur Utama Pertamina

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memastikan bahwa Karen Agustiawan bakal menjabat kembali sebagai Direktur Utama (Dirut)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memastikan Karen Agustiawan bakal menjabat kembali sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) periode 5 tahun mendatang.

"Dia (Karen) tidak akan jadi dirut sementara lagi, dan menjadi dirut tetap untuk periode berikutnya kurun waktu 5 tahun ke depan," tegas dia di Jakarta, seperti dikutip Kamis (6/6/2013).

Dahlan mengaku, dirinya telah menandatangani Surat Keputusan (SK) pengangkatan wanita yang telah memimpin Pertamina sejak 5 Februari 2009 itu. "SK-nya sudah saya teken tiga hari yang lalu, tepatnya hari Senin 3 Juni 2013," tutur dia.

Dia sempat berguyon saat ditanya alasan mempertahankan lulusan Teknik Fisika dari Institut Teknologi Bandung itu. "Daripada diangkat menjadi kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Ini guyon lho," tandas dia.

Namun Dahlan mengatakan, bahwa perempuan yang memulai karir di Mobil Oil Indonesia sebagai system analyst dan programmer pada tahun 1984 ini adalah orang yang sangat berani dalam mengambi keputusan.

"Pertamina perlu orang yang berani, dan dia termasuk orang tersebut. Kalau untuk urusan tidak dekat dengan media, nanti saya akan beri tahu dia," paparnya.

Seperti diketahui, masa jabatan Karen sebagai bos perusahaan minyak dan gas raksasa di Indonesia itu telah berakhir pada Maret 2013.

Lalu Karen kembali dipercaya untuk sementara waktu memegang kembali tampuk kepemimpinan tersebut sampai Menteri BUMN menunjuk Dirut Pertamina definitif.

Dia juga sempat dikabarkan akan menggantikan posisi Chatib Basri sebagai Kepala BKPM yang saat ini telah menjadi Menteri Keuangan. Akhirnya dengan SK yang ditandatangani Dahlan, kini Karen resmi menjadi Dirut Pertamina periode kedua. (Fik/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.