Sukses

Kucurkan Rp 950 Miliar, CT Beli 80% Saham Telkom Vision

Miliarder Indonesia, Chairul Tanjung, dikabarkan telah sepakat membeli 80% saham operator televisi berbayar Telkom Vision.

Miliarder Indonesia, Chairul Tanjung, dikabarkan telah sepakat membeli 80% saham operator televisi berbayar Telkom Vision. Untuk memuluskan ambisinya ini, pemilik CT Corp tersebut dikabarkan harus merogoh dana hingga US$ 100 juta.

Aksi ini langsung memanaskan bisnis televisi berbayar yang selama ini dikuasai oleh miliarder pemilik media, Harry Taboesoedibjo.

"Peluang pertumbuhan dari bisnis TV berbayar ini sangat menarik minat para investor," ujar seorang sumber seperti dikutip Liputan6.com dari laman Reuters, Jumat (7/6/2013).

Dua orang sumber yang mengetahui transaksi tersebut mengatakan, transaksi diantara kedua pihak itu diperkirakan bernilai hingga US$ 100 juta. Pada 2012, pendapatan Telkomsel diketahui mencapai Rp 405 miliar. Sementara pesaingnya, PT MNC Skyvision meraup dana lebih besar hingga Rp 2,4 triliun.

Selain kedua, perusahaan tersebut, operator televisi berbayar lainnya adalah Lippo Group yang menggandeng perusahaan investasi CVC Capital Partner Ltd.

"Akuisisi ini membuka nilai Telkom dan pemegang saham dan mereka fokus pada bisnis intinya," ujar sumber tersebut.

Chairul Tanjung selama ini merupakan salah satu pengusaha yang langsung mencuri perhatian pelaku bisnis nasional. Selain memiliki PT Bank Mega, Chairul Tanjung juga mengelola bisnis ritel dengan mengakuisisi saham PT Carrefour Indonesia.

Bahkan terakhir, Chairul Tanjung dikaitkan dengan isu penjualan saham perusahaan media milik keluarga Bakrie , PT Visi Media Asia Tbk (VIVA). (Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.