Sukses

Kesuksesan Anda Ada di Tangan Orang Lain

Ingat, kecantikan tergantung mata yang memandangnya, sama seperti kesuksesan Anda yang selalu ditentukan orang lain.

Setiap orang pasti tak asing lagi dengan ungkapan 'cantik itu relatif'. Tapi bagi Steve Tobak, Manajer Konsultan  di Invisor Consulting yang berbasis di Silicon Valley, Amerika Serikat, ungkapan tersebut bermakna jauh lebih dalam karena memang banyak sekali hal yang relatif dalam hidup ini.

Menurutnya, produk Anda bisa dibilang bagus kalau konsumen menyukainya, menganggapnya berguna, dan menikmatinya. Anda bisa saja mengembangkan alat paling hebat di dunia, tapi jika konsumen tak menyukai, membutuhkan, dan menikmatinya, produk Anda tak akan laku.

Sama halnya dengan kemampuan Anda yang hanya bisa dijual jika para atasan membutuhkannya. Banyak perusahaan yang mengabaikan Anda, tapi saat Anda bertemu dengan satu perusahaan yang menyukai kemampuan dan gaya Anda, maka begitulah bisnis terjadi.

Dengan kata lain, Tak peduli Anda sedang membangun perusahaan, mengembangkan produk, atau menjual jasa sendiri, kesuksesan Anda selalu tergantung kebutuhan dan keinginan siapapun yang menjadi target bisnis Anda.

Maka perhatikan dua hal penting di bawah ini untuk meyampaikan keunggulan produk Anda pada konsumen seperti dilansir dari Inc.com, Jumat (7/6/2013).

1. Pahami dengan baik

Perusahaan-perusahaan paling berhasil adalah perusahaan yang mampu memahami dengan baik produknya berkaitan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Pegawai yang dibutuhkan, tentu saja para karyawan dengan visi yang sama.

Steve Jobs selalu menjadi produsen brilian, tapi Anda harus tahu apa yang mengangkat Jobs dan Apple ke tempat tertinggi. Hal tersebut karena dia memahami apa yang diinginkan banyak orang. Kemudian dia merancang produk untuk memenuhi keinginan konsumen, dan mengembangkan perangkat yang mudah digunakan seperti yang ditunggu-tunggu kebanyakan orang.

Contoh lain, permintaan untuk Xbox 360 meledak di pasaran sejak Microsoft mulai beralih fokus dari sekadar game, dan memikirkan bagaimana orang melakukannya. Penemuan Kinect, pengendali game dengan gerakan tubuh dan suara langsung merupakan terobosan yang luar biasa.

Begitupula yang dilakukan oleh intel yang memahami permintaan para kosumen dengan menciptakan alat-alat yang lebih mirip manusia.

2. Luruh

Keberhasilan berbisnis tak sepenuhnya tentang Anda dan kemampuan Anda. Bahkan, bukan juga soal keahlian perusahaan Anda atau fitur-fitur keren produk Anda.

Semuanya tentang meningkatkan persepsi Anda untuk memahami kebutuhan konsumen, manajemen Anda, dan siapapun target Anda. Sekali Anda bisa mengatasinya, maka Anda akan mampu menjualnya pada konsumen.

Itulah saatnya Anda menyusun rencana perusahaan, mengembangkan produk, atau menjual jasa dan gagasan Anda pada manajemen perusahaan. Belakangan ini, cukup sulit untuk mendapatkan peluang. Dan seringkali saat Anda melewatkannya, tak ada yang namanya kesempatan kedua. Pastikan Anda tak menyia-nyiakan peluang yang Anda miliki.

Ingat, kecantikan tergantung mata yang memandangnya, sama seperti kesuksesan Anda yang selalu ditentukan orang lain. Dan akan terus begitu. (Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.