RI Siap Bangun Dermaga Kapal Pesiar buat Pelancong

By Dian Ihsan Siregar

on Jun 08, 2013 at 15:00 WIB

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) RJ Lino mengaku pihaknya memiliki konsep untuk membangun dermaga khusus kapal pesiar atau yacht yang diharapkan memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

"Tadi saya sudah bicara dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahjana Purnama, kalau kami memiliki konsep untuk membuat Dermaga. Dermaga itu bisa dijadikan tempat penitipan kapal pesiar turis asing yang sedang menikmati rekreasi di Indonesia," kata Lino pada pameran Indonesia Yacht Show 2013 di Pelabuhan Batavia Sunda Kelapa Marina, Jakarta, Sabtu (8/6/2013).

Lino menjelaskan, keberadaan dermaga khusus tersebut bisa menarik kedatangan investasi asing maupun dalam negeri. Konsepnya para pengusaha asing yang memiliki kapal pesiar bisa menitipkannya ke dermaga khusus yang tersedia.

Kemudian sambil berbisnis, pengusaha tersebut bisa berjalan-jalan ke pulau-pulau di Indonesia sehingga bisa menghidupkan pariwisata pulau-pulau kecil di Indonesia.

"Saya katakan kalau dermaga yang sudah dikonsepkan tadi, sangatlah baik untuk masuknya investasi asing ke Indonesia dan juga menghidupkan pulau-pulau kecil sehingga pariwisata Indonesia terus berkembang," tutur dia.

Lino mengaku memang cukup sulit merealisasikan dermaga khusus kapal pesiar. Maka dari itu semua aturan dan prosedur mengenai dermaga kapal pesiar haruslah berubah, seperti urusan bea masuk dan pajak.

Kalau semua aturan tersebut dapat dibenahi akan memberikan dampak baik bagi keberlangsungan pembuatan dermaga khusus kapal pesiar.

"Aturan semua itu harus dibenahi, keuntungannya untuk ekonomi Indonesia. Khususnya pariwisata di Indonesia akan lebih maju, jika disinggahi kapal pesiar," tandasnya.

Rencana Pelindo terkait dengan penyelenggaraan Indonesia Yacht Show 2013 yang berlangsung di Pelabuhan Batavia Sunda Kelapa Marina, Jakarta Utara.

Pameran kapal pesiar senilai US$ 200 miliar ini dibuka Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama atau Ahok ditandai dengan membunyikan lonceng sebanyak 10 kali.

Pada kesempatan ini, Ahok dengan mengenakan batik kuning kecoklatan serta topi warna putih meninjau beberapa yachts yang terparkir.(Dis/Nur)

Credit Nrm

Suka artikel ini?
Dian Ihsan Siregar
Dian Ihsan Siregar

  Full bio »

0 Comments