Sukses

Kapal Termewah RI Dibikin di Tempat yang Sama Dengan Titanic

Kapal baru KMP Port Link milik PT ASDP Indonesia Ferry dibangun di galangan yang sama dengan kapal legendaris RMS TITANIC.

PT ASDP Indonesia Ferry beberapa hari lalu telah melaunching pengoperasian kapal baru KMP Port Link yang digadang-gadang sebagai kapal Ferry termewah di Indonesia. Ada yang sedikit menarik dari kapal ini, ternyata KMP Port Link itu dibangun di galangan yang sama dengan kapal legendaris RMS TITANIC.

KMP Port Link dan RMS TITANIC dibangun di galangan utama milik Harland and Wolff Ltd Belfast, yang bermarkas di Liverpool, Inggris.

"Kapal ini dirakit ditempat yang sama dengan TITANIC di Harland and Wolff Ltd Belfast,"ungkap Chief Officer KMP Portlink, Lutfi Pratama saat berbincang dengan Liputan6.com yang ditulis, Kamis (13/6/2013).

RMS TITANIC dibangun di galangan utama Harland and Wolff Ltd Belfast pada tahun 1908, sedangkan KMP Port Link ini dibangun di tahun 1980. Bedanya, TITANIC berlayar mengarungi samudera Atlantic sedangkan KMP Port Link berlayar mengarungi Selat Sunda.

"Kita akan berangkat dari Pelabuhan Merak 4 kali sehari dan dari Pelabuhan Bakaheuni 4 kali sehari juga,"jelas Lutfi.

"Kapal ini bisa jalan dengan kecepatan maksimal 15 knot, tapi kita sett hanya 9 hingga 10 knot, jadi jarak tempuh dari Merak ke Bakaheuni sekitar dua jam,"imbuh pria yang juga sebagai Moalim 1 (Wakil Kapten) di KMP Port Link itu.

Seperti yang diketahui, KMP Port Link ini berukuran 12.619 GT, sebelumnya bernama Stena Caledonia milik Stena Line yang melayani penumpang di lintasan Belfast, Irlandia Utara – Stranraer, Skotlandia. Kapal ini berukuran panjang (LBP) = 122,51 meter, lebar 21 meter da draft 5,02 meter.

Kapal milik perusahaan plat merah ini memiliki kapasitas penumpang maksimal hingga 1500 penumpang. Memiliki 2 tingkat Deck khusus untuk kendaraan, Deck paling bawah digunakan untuk mengangkut kendaraan besar seperti Bus dan Truck dengan kapasitas maksimal 38 hingga 40 kendaraan. Sedangkan di Deck kedua digunakan untuk mengangkut kendaraan pribadi dengan kapasitas maksimal hingga 100 kendaraan.

Meski mampu mengangkut penumpang hingga 1500 orang, namun kapal ini dilengkapi alat keselamatan seperti pelampung sebanyak 1800 buah dan memiliki 6 buah sekoci.

Ini menjadi kapal Ferry termewah mengingat fasilitas yang ditawarkan di dalamnya berupa Bar, Cafe, Mini Market hingga Studio Movie. "Untuk harga yang kita tawarkan masih normal, sama dengan kapal laiinya, dan penjualan sudah melalui Elektronik tiket,"pungkas Lutfi. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini