Sukses

[VIDEO] Harga Sembako Naik Jelang Kenaikan Harga BBM

Rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) juga berpengaruh terhadap harga sembako di sejumlah daerah.

Rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) juga berpengaruh terhadap harga sembako di sejumlah daerah.

Harga yang naik mulai dari beras, minyak goreng, ayam, telur hingga cabai. Masyarakat terutama ibu rumah tangga khawatir harga makin melambung apalagi menjelang puasa dan Lebaran.

Seperti di Pasar Gedhe, Solo, Jawa Tengah. Kenaikan sembako mulai Rp 2.000 hingga Rp 5.000 per kilogram (kg). Kenaikan terjadi merata hampir di semua kebutuhan rumah tangga.

Harga cabai naik menjadi Rp 25 ribu dari sebelumnya Rp 20 ribu per kg. Harga ayam merangkak naik hingga di atas Rp 25 ribu, dari sebelumnya hanya di kisaran Rp 22 ribu per kg. Telur naik dari Rp 15 ribu menjadi Rp 17 ribu per kg. Sedangkan harga beras, yang biasa naik Rp 200 hingga Rp 300, kini rata-rata naik hingga Rp 500 per kg.

Kenaikan harga juga dirasakan warga di Sulawesi Barat. Sejumlah komoditas yang naik diantaranya sayur mayur, bawang merah dan cabai.

Harga beras di pasar tradisonal Mamasa Sulawesi Barat, mencapai Rp 8.000 dari sebelumnya hanya Rp 6.500 per kg. Bawang merah juga naik dari Rp 30 ribu menjadi Rp 40 ribu per kg.

Tak hanya konsumen, pedagang pun mengaku dirugikan dengan kebijakan pemerintah yang terkesan plin-plan untuk menaikan harga BBM. (Nur)

 


 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini