Sukses

Kebut APBN-P 2013, Chatib & Agus Marto Berakhir Pekan di DPR

Pemerintah dan DPR bakal melanjutkan pembahasan RAPBN-P 2013 pada Sabtu (15/6/2013), sebelum disahkan di sidang paripurna.

Kesibukan pemerintah akhir-akhir ini kian menggunung dengan tugas berat yakni membahas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2013 serta kebijakan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Dalam Undang-undang APBN, perubahan postur anggaran tersebut harus selesai dalam waktu satu bulan dan wajib dibahas bersama parlemen. Tak heran bila rutinitas pemerintah sejak pertengahan Mei lalu adalah menyambangi Gedung DPR untuk mendapatkan persetujuan satu demi satu usulan pemerintah.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mahendra Siregar mengaku, pemerintah telah masuk dalam tahap finalisasi pembahasan postur perubahan APBN dengan jadwal pembahasan kembali di level Badan Anggaran (Banggar).

"Besok (15/6/2013) akan dilakukan pembahasan RAPBN-P 2013 kembali bersama Banggar untuk memfinalkan perubahan tersebut. Dan akan sesuai jadwal, rapat bakal selesai pada Senin (17/6/2013) dengan pengesahan di tingkat Paripurna," jelas dia saat press conference hasil rapat Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Jumat (14/6/2013).

Untuk itu, lanjut Mahendra, pemerintah terpaksa akan berakhir pekan di DPR demi amanah Undang-undang (UU) APBN. Pasalnya seluruh hasil pembahasan ini demi kepentingan negara dan masyarakat.

Berdasarkan agenda, rapat kerja lanjutan Banggar finalisasi akan dihadiri Menkeu Chatib Basri, Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN) Armida Alisjahbana, dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo pada pukul 10.00 WIB.

Pemerintah dan Banggar akan kembali membahas beberapa poin penting, antara lain penyampaian dan pengesahan hasil kerja Panja-panja dan Timus draft RUU Perubahan APBN Tahun 2013, pendapat akhir mini fraksi sebagai sikap akhir, pendapat pemerintah, pengambilan Keputusan untuk dilanjutkan ke Tingkat II dan penandatanganan draft RUU tentang Perubahan APBN 2013. (FIk/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini