10 Negara Raksasa Ekonomi Dunia

on

Kekuatan sebuah negara seringkali ditakar dengan seberapa tinggi pertumbuhan ekonominya. Tak heran jika negara-negara besar seperti Amerika Serikat dan China sanggup menggenjot tingkat perekonomiannya ke posisi teratas dunia.

Seperti dilansir dari Business Insider, Senin (17/6/2013), John Stoltzfus kepala strategi investasi di Oppenheimer baru-baru ini merilis daftar negara-negara dengan ekonomi paling besar di dunia berdasarkan produk domestik brutonya (PDB).

Oppenheimer sendiri merupakan bank investasi unggulan dan perusahaan investasi full-service. Selain itu perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat ini juga merupakan perusahaan penyedia jasa dan nasihat keuangan untuk investor, pengusaha dan lembaga-lembaga berpenghasilan tinggi.

Lewat daftar tersebut bisa terlihat China yang mengalami pertumbuhan yang pesat masih belum mampu menggeser posisi Amerika Serikat sebagai negara dengan tingkat ekonomi paling tinggi.

Jangan lupa, Jepang saat ini juga masuk kategori negara dengan ekonomi terbesar dunia. Pertumbuhan Jepang tersebut menunjukkan betapa tingginya saham di negerinya. Hal ini menyusul aksi berani para pemimpin negara dalam penetapan kebijakan moneter yang luar biasa agresif

"Jerman yang berada di posisi keempat dan cukup berpotensi masuk ke tiga besar menambah kepercayaan, dalam pandangan kami, dengan harapan bahwa serikat moneter Eropa dan mata uangnya (euro) akan selamanya skeptis," ujar Stoltzfus.

Dia juga menungkapkan, jumlah penghematan dan resesi di komunitas negara-negara EMU, hampir menyaingi ukuran ekonomi AS.

Lalu negara-negara mana saja yang masuk daftar tersebut? Berikut 10 negara dengan ekonomi paling tinggi di dunia:

1. Amerika Serikat

2. China

3. Jepang

4. Jerman

5. Perancis

6. Brazil

7. Inggris

8. Italia

9. Rusia

10. India

(Ndw)

Credit Ndw

Suka artikel ini?
Siska Amelie F Deil
Siska Amelie F Deil

  Full bio »

0 Comments