Sukses

Harga BBM Naik, 10 Juta Buruh Ancam Mogok Nasional

10 juta buruh di seluruh Indonesia mengancam melakukan aksi mogok kerja pada 16 Agustus 2013 jika pemerintah ngotot menaikkan harga BBM.

Sebanyak 10 juta buruh di seluruh Indonesia mengancam melakukan aksi mogok kerja secara nasional pada 16 Agustus 2013 jika pemerintah dan DPR tetap menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi.

Hal ini merupakan aksi lanjutan dari aksi unjuk rasa sebanyak 10 ribu buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Indonesia (MPBI), terdiri dari KSPI, KSPSI, KSBSI dan Federasi SP dengan mengepung gedung DPR pada hari ini mulai pukul 10.00 WIB.

Selain di Jakarta,  buruh juga bakal menyerbu kantor Gubernur, Bupati dan Walikota di berbagai wilayah seperti Serang, Cilegon, Purwakarta, Karawang, Cimahi, Subang, Bandung, Sukabumi, semarang, Yogyakarta, Surabaya, Mojokerto, Sidoarjo, Pasuruan, Gresik, Probolinggo, Malang, Aceh, Batam, Bintan, Karimun, Medan, Deli, Lampung, Jambi, Makassar, Manado, Gorontalo, Samarinda, dan Papua.

"Seluruh elemen rakyat  akan terus mengorganisir pemogokan nasional yang melibatkan 10 juta buruh diseluruh wilayah Indonesia pada 16 Agustus 2013," ujar Presiden
Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nina Wea dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/6/2013).

Dalam aksi yang berlangsung hari ini MPBI mendesak pemerintah dan DPR untuk:

  1. Batalkan rencana kenaikan harga BBM karena subsidi adalah hak rakyat & Hentikan politik membodohi rakyat lewat BLSM yang `menjual rakyat miskin` untuk pemilu 2014.
  2. Berikan subsidi perumahan buruh ,transportasi publik dan Jalankan Jaminan Sosial khususnya Jaminan Kesehatan seluruh rakyat Universal Coverage mulai 1 Januari 2014.
  3. Kejar potensi pajak, tangkap dan penjarakan  para wajib pajak yang tidak patuh, serta oknum dirjen pajak yang  korup  dan gantung para koruptor sita harta mereka untuk rakyat .
  4. Kembalikan kebijakan energy sesuai dengan Amanah UUD 1945, bahwa seluruh kekayaan alam Indoensia dipergunakan sepenuhnya untuk kepentingan rakyat, karenanya segera Nasionalisasi seluruh Minyak dan gas Indonesia dan dipergunakan untuk  rakyat

Sekadar informasi, pemerintah memastikan akan menaikkan harga BBM subsidi jenis premium dan solar pada pekan ini. Rencananya harga premium akan naik Rp 2.000 menjadi Rp 6.500 per liter dan solar naik Rp 1.000 menjadi Rp 5.500 per liter. Saat ini kedua jenis BBM tersebut dijual dengan harga Rp 4.500 per liter. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini