Sukses

240 Juta SMS Kenaikan Harga BBM Dikirim Serentak Hari Ini

Menkominfo memastikan pengiriman SMS sosialisasi kenaikan harga BBM bakal dilakukan mulai hari ini.

Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tinggal menunggu hari. Sesuai dengan rencana pemerintah, sosialisasi untuk kebijakan ini akan terus dilakukan termasuk dengan mengirimkan pesan singkat (SMS) ke sejumlah pemilik telepon seluler.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (18/6/2013) memastikan SMS program sosialisasi kenaikan BBM tersebut akan mulai dikirimkan pada hari ini.

Tifatul menyatakan, persiapan untuk kenaikan harga BBM maupun proses sosialisasinya saat ini memang memang terus dilakukan pemerintah. "Tadi pagi saya juga rapat dengan Bapak Wakil Presiden dan Menko lainnya untuk menyusun langkah-langkah (sosialisasi)," jelasnya.

Terkait program sosialisasi itu, lanjut Menkominfo, pemerintah harus memberikan penjelasan dengan tepat kepada masyarakat. Pasalnya, saat ini berkembang informasi yang menyatakan subsidi BBM seolah-olah dicabut seluruhnya.

"Jadi perlu saya tegaskan, subsidi tak dicabut, hanya dikurangi. Yang biasanya subsidi itu Rp 4.500 dikurangi sedikit, sekitar Rp 1.500," jelasnya.

Sebagai kompensasi dari pengurangan itu, kata Tifatul, rakyat miskin akan mendapat sejumlah keringanan salah satunya adalah Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) yang kemungkinan mulai disalurkan akhir bulan ini. "Termasuk beras miskin 2 kali," ujarnya.

Penyaluran dana kompensasi itu akan didahului dengan penyerahan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang dibagikan kepada 15,5 juta kepala keluarga atau 65 juta warga miskin dan hampir miskin. "Itu dikirim lewat pos dan tak bisa diuangkan. Dengan KPS itu pula nantinya bisa mengambil raskin," tutupnya.(Ado/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.