Sukses

Cegah Penyelundupan, Salah Satu Alasan BBM Naik

Kenaikan harga BBM bersubsidi yang tinggal menunggu hitungan hari dinilai mampu mengurangi aksi penyelundupan.

Rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang tinggal menunggu hitungan hari dinilai mampu mengurangi aksi penyelundupan yang kerap dilakukan pihak yang tak bertanggung jawab.

Hal ini diungkapkan Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri di Jakarta, Selasa (18/6/2013).

"Harga BBM di internasional itu Rp 9.800 per liter, kita kan Rp 4.500, ada selisih Rp 5.300, selisihnya lebih besar dari harga premium. Kalau per liter Anda dapat profit 100% Anda selundupkan kan?, sebabnya volume akan naik," ujarnya.

Chatib menmbahkan selain mencegah penyelundupan, dengan adanya kenaikan harga BBM akan mampu mengurangi gap antara BBM Indonesia dengan harga internasional.

"Harga BBM di Indonesia itu paling murah,  kalau pemerintah tidak melakukan kebijakan kenaikan harga BBM maka perbedaan harga domestik dan internasional akan makin besar,"jelas dia.

Sebelumnya Chatib juga mengungkapkan, kebijakan pengendalian BBM ini merupakan kebijakan  triple winning, yaitu pertama akan menjadi satu subsidi yang menjadi pro masyarakat miskin.

Kemenangan kedua yang berpengaruh terhadap kebijakan itu adalah redistribusi subsidi kepada masyarakat yang miskin, pendapatan atas menuju bawah.

"Ketiga dengan kenaikan BBM maka konsumsi energi baru akan lebih ditekan, sehingga energi alternatif akan baik untuk dikembangkan,"jelas Chatib. (Yas/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini