Sukses

Hadapi Libur Sekolah & Lebaran, Citilink Buka 5 Rute Penerbangan

Citilink membuka lima rute penerbangan baru menyambut libur sekolah dan mudik lebaran.

Citilink, anak perusahaan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) membuka lima rute penerbangan baru menyambut libur sekolah dan mudik lebaran. Pembukaan rute ini seiring dengan adanya tambahan armada Airbus A320

Kelima rute tersebut yaitu Jakarta-Bengkulu (CGK–BKS), Jakarta–Jambi (CGK–DJB), Jakarta–Semarang (CGK–SRG), Surabaya–Balikpapan (SUB–BPN), dan Surabaya-Denpasar (SUB–DPS).

“Kami yakin Citilinkers akan memiliki pengalaman terbang yang aman, nyaman, dan menyenangkan, khususnya saat libur sekolah dan musim mudik tahun ini,” papar VP Marketing & Communication PT Citilink Indonesia, Aristo Kristandyo, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (18/6/2013)

Kehadiran Airbus A320 terbaru ini menggantikan operasional Boeing 737. Citilink memiliki 22 pesawat Airbus A320 dan selanjutnya akan menggunakan armada Airbus A320 untuk seluruh penerbangannya.

Airbus A320 adalah jenis pesawat penumpang komersial jarak dekat sampai menengah yang diproduksi oleh Airbus. Pesawat yang memiliki single aisle ini merupakan pesawat penumpang pertama dengan sistem kendali fly-by-wire digital, yakni pilot mengendalikan penerbangan melalui penggunaan sinyal elektronik. Airbus A320 adalah satu-satunya kelompok pesawat berbadan sempit (narrow-body) yang diproduksi Airbus di Toulouse, Prancis.

Pesawat yang memiliki kapasitas 180 penumpang ini memiliki sebuah ECAM (Electronic Centralised Aircraft Monitor/Monitor Pesawat Elektronik Terpusat) yang memberikan informasi kepada awak pesawat mengenai semua sistem di dalam pesawat.

ECAM juga menyediakan peringatan otomatis terhadap kerusakan sistem dan memperlihatkan daftar elektronik untuk membantu mengatasi kerusakan tersebut. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.