Sukses

Cegah Harga Bahan Bangunan Naik, Kemenpera Kucurkan Rp 1 Triliun

Kemenpera menyiapkan dana Rp 1 trilliun untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan bangunan akibat kenaikan harga BBM.

Kementerian Perumahaan Rakyat (Kemenpera) menyiapkan dana Rp 1 trilliun untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan bangunan akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium dan solar.

Dana itu merupakan bagian dari dana sebesar Rp 3 trilliun yang didapat Kemenpera dari dari pengalihan subsidi BBM untuk perumahan.

"Sisanya untuk pembangunan 200.000 rumah swadaya lagi, hal ini sudah diajukan di DPR pada pertemuan lalu tinggal menunggu persetujuan dari Kementerian Keuangan,” kata Deputi Bidang Perumahan Swadaya Kemenpera, Jamil Ansari seperti dikutip dari situs Kemenpera, Kamis (20/6/2013).

Jamil menuturkan, Kemenpera mendukung pengalihan subsidi BBM untuk program perumahan swadaya bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Diharapkan dengan pengalihan subsidi BBM bisa meningkatkan bantuan stimulus kepada masyarakat.

"Kalau selama ini yang menikmati subsidi BBM orang-orang bermobil sudah dipastikan rumahnya bagus-bagus, Subsidi BBM yang salah sasaran itu memang perlu dievaluasi karena tidak menimbulkan keuntungan bagi seluruh rakyat secara merata," ungkapnya.

Sekadar informasi, pemerintah memastikan akan menaikkan harga BBM subsidi jenis premium dan solar pada pekan ini. Rencananya harga premium akan naik Rp 2.000 menjadi Rp 6.500 per liter dan solar naik Rp 1.000 menjadi Rp 5.500 per liter. Saat ini kedua jenis BBM tersebut dijual dengan harga Rp 4.500 per liter. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini