Sukses

Dukung Branchless Banking, BRI Cari 12 Ribu Agen

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk mulai melakukan uji coba sistem branchless banking di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) melakukan uji coba sistem branchless banking yang berada di kewenangan wilayahnya yaitu berada di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Uji coba branchles banking tersebut dilakukan di 14 agen yang telah dinyatakan resmi menjadi bagian dari BRI.

Untuk terus mendukung layanan perbankan yang tidak memiliki kantor itu, BRI menargetkan agen untuk mendukung produk branchless banking-nya yakni T-Bank hingga 12 ribu agen.

"BRI akan tingkatkan jumlah agennya, ini untuk memperluas di seluruh Indonesia. Target kami itu sebanyak 12 ribu agen T-Bank," ujar Sekretaris Perusahaan BRI Muhammad Ali di Jakarta, Kamis (20/6/2013)

Sementara itu ia menjelaskan, untuk agen tersebut nantinya bisa memberi layanan transaksi registrasi, penyetoran, penarikan tunai, dan transaksi lainnya. "Pada biaya yang diberikan untuk agen it sebesar Rp 3.500 dalam satu transaksinya," tukasnya.

Demi mendukung layanan branchless banking ini, BRI bekerjasama dengan PT Telkom (Persero) Tbk untuk memperluas layanan perbankannya di segi financial inclusion. Di mana financial inclusion di sini adalah kemampuan individu untuk mengakses produk dan jasa keuangan seperti tabungan dan kredit.

Ali menuturkan, Telkom menyiapkan infrastruktur teknis mulai dari sistem hingga aplikasi beserta anak perusahaan yang nantinya akan ikut mendukung segala kebutuhan BRI.

"Ini dukungan dari Telkom adalah komitmen untuk memberikan yang terbaik. Melalui layanan T-Bank ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat luas, sehingga ini bisa memberikan sumbangsih dalam usaha meningkatkan perekonomian masyarakat serta menjadi kontributor bisnis yang signifikan bagi BRI," pungkasnya. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.