Sukses

Mobil Listrik Versi Dahlan Meluncur Agustus

Pada pertemuan APEC di Bali pada Oktober nanti, pemerintah akan menyiapkan ratusan unit kendaraan ramah lingkungan berupa bus atau mobil.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan segera meluncurkan mobil listrik yang digadang-gadang merupakan kendaraan yang tak tergantung menggunakan bahan bakar minyak (BBM). Rencananya kendaraan tersebut akan dirilis pada Agustus 2013.

"Saya sedang mengembangkan mobil listrik, yang nantinya akan bisa mengurangi ketergantungan akan BBM," ujar Dahlan saat bertemu dengan sejumlah mahasiswa di Universitas Riau di Riau, Sabtu (22/6/2013).

Dia mengungkapkan kendaraan listrik yang masih dirahasiakan tersebut akan dipakai pada saat perhelatan pertemua negara-negara anggota APEC yang berlangsung di Bali pada Oktober 2013 nanti. "Mudah-mudahan akhir Agustus ini akan selesai dan akan dipakai untuk APEC juga," lanjut dia.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, saat APEC, pemerintah akan menyiapkan kendaraan ramah lingkungan sebanyak ratusan unit bus atau mobil.

"Ratusan bus dan mobil ini merupakan kombinasi berbahan bakar biodiesel dan listrik. Untuk mobil listrik akan disediakan sebanyak 20 unit," terang dia.

Dahlan sebelumnya juga mengungkapkan 20 mobil listrik tersebut masih dalam persiapan, mengingat pelaksanaan APEC akan digelar Oktober 2013. (Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.