Sukses

Perbaikan Jalur Pantura Tuntas 10 Hari Sebelum Lebaran

Perbaikan jalan Pantai Utara Pulau Jawa (Pantura) ditargetkan dapat diselesaikan pada 10 hari sebelum lebaran tahun ini.to

Perbaikan jalan Pantai Utara Pulau Jawa (Pantura) ditargetkan dapat diselesaikan pada 10 hari sebelum lebaran tahun ini.  Kegiatan pemeliharaan dan perbaikan jalan terus dilakukan untuk mengantisipasi arus mudik lebaran yang akan berlangsung pada awal Agustus 2013.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengakui saat ini memang di beberapa titik terjadi kemacetan parah di jalur Pantura akibat perbaikan jalan dan pembongkaran Jembatan Cidongkol.

“ Pokoknya pada saat Lebaran targetnya tidak ada pemudik yang terganggu. Kalau terpaksa pekerjaan jalan atau jembatan yang belum bisa selesai saat lebaran akan dihentikan sementara " ujar Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto seperti dikutip dari Situs Kementerian PU, Selasa (25/6/2013).

Selain jalan, Kementerian PU juga melakukan pemeliharaan berkala di tiga paket jembatan yang memang sudah menjadi program PU, yaitu Jembatan Kalimenir, Jembatan Cimanuk, dan Jembatan Kebarepan. Dalam tiga paket jembatan ini, terdapat delapan jembatan yang dikerjakan.

Selain dilakukan pengaspalan, Kementerian PU juga akan melakukan pembongkaran. Jembatan Cidongkol yang masuk ke dalam paket Jembatan Kalimenir, misalnya, dibongkar untuk diganti dengan model beton. Meski menargetkan perbaikan selesai sebelum mudik Lebaran, pemerintah akan menyiapkan alternatif jika penyelesaian perbaikan mundur.

“Kalau ada jembatan yang masih belum selesai, ditutup, dikasih jalan yang baik sehingga para pemudik tidak terganggu karena adanya proyek,” kata Djoko.

Untuk perbaikan jalan menjelang lebaran ini, lanjut Djoko, pemerintah tak menyiapkan anggaran khusus. Perbaikan jalan ini masuk ke dalam anggaran pembangunan, pemeliharaan, serta perbaikan dan peningkatan jalan.

“Tidak ada anggaran secara khusus Lebaran. Yang ada yakni  anggaran nasional seluruh Indonesia untuk membangun jalan dan jembatan , memelihara jalan, memperbaiki jalan, dan meningkatkan jalan. Itu seluruh Indonesia Rp 30 triliun lebih,” kata Djoko. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.