Telur Arab Dompleng Telur Ayam Kampung, Bagaimana Membedakannya?

  • Ekonomi
  • 0
  • 25 Jun 2013 11:20
Penjualan telur ayam Arab yang diakui sebagai telur ayam kampung kian marak di pasar baik tradisional maupun ritel modern. Masyarakat mungkin banyak yang belum mengetahui tentang hal ini.

Maklum, dari tampak luar tak ada perbedaan antara telur ayam kampung asli Indonesia dengan telur ayam arab. Ketua Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli), Ade M Zulkarnain mengatakan bentuk fisik kedua ayam berbeda negara ini hampir mirip.

"Perbedaan fisik tidak ada, dari segi ukuran juga nyaris tidak ada. Sedikit bedanya adalah pada kulit ayam kampung tak melulu putih bersih, tapi kadang bisa krem, jadi lebih bervariasi," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (25/6/2013).

Perbedaan telur ayam Arab dan telur kampung adalah:

1. Warna kulit atau cangkang

Telur ayam kampung tidak selalu putih bersih bisa juga krem atau bervariasi
Telur ayam Arab warnanya putih susu.

2. Kuning Telur

Telur ayam kampung warna kuning telurnya lebih terang
Telur ayan arab warna kuning telurnya lebih pekat

Namun, Ade menambahkan, untuk melihat perbedaan tersebut memerlukan pengalaman karena bahkan warna kuning telur juga bisa sama antara kedua jenis ayam ini.

Dia mengaku jika dari nilai gizi tak ada perbedaan antara kedua jenis ayam ini. Yang jadi permasalahan adalah pembohongan kepada masyarakat tentang label ayam kampung. (Nur/*)






Credit: Nrm


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler