Sukses

6 Kebiasaan Buruk yang Bisa Bikin Anda Dibenci Orang Sekantor

Bisa jadi Anda akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki segudang kebiasaan buruk yang sangat mengganggu di kantor.

Sebagai makhluk sosial, Anda tentu tak bekerja sendirian di kantor. Anda pasti memiliki rekan kerja, atasan dan bawahan. Karena itu, bersikap baik akan membuat Anda disenangi banyak orang di tempat kerja.

Seperti melansir Magforwomen, Rabu (26/6/2013), tak semua sikap dan kebiasaan orang di kantor Anda menyenangkan. Bisa jadi Anda akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki segudang kebiasaan buruk yang sangat mengganggu.

Namun, tak menutup kemungkinan Anda juga punya kebiasaan-kebiasaan menyebalkan di kantor. Untuk memastikannya, cek keenam kebiasaan menyebalkan yang harus dihindari di kantor:

1. Memberikan pekerjaan pada orang lain

Dengan alasan minta tolong, saat Anda melimpahkan pekerjaan pada rekan kerja atau bawahan akan membuat  Anda dianggap sebagai orang yang menyebalkan.

Sebab Anda tak bisa begitu saja membuatnya menanggung tanggung jawab yang bukan miliknya.

Setiap orang punya tugasnya masing-masing. Jadi cobalah untuk meminta tolong hanya saat Anda benar-benar memerlukannya.

2. Berisik di jam kerja

Berbicara terlalu keras saat bercakap-cakap dengan rekan kerja atau orang lain di telepon, akan membuat jengkel banyak orang. Mungkin Anda saat itu tengah tak ada pekerjaan, tapi belum tentu yang lain juga sedang bebas.

Kebiasaan berisik di kantor akan mengganggu banyak orang di sana. Jika Anda memiliki kebiasaan tersebut, cepat-cepatlah berubah.

3. Suka mendominasi

Saat Anda mengatur orang-orang di tempat kerja, padahal itu bukan tugas Anda, maka kebiasaan tersebut sangat menyebalkan.

Dengan sikap seperti itu, pegawai lain akan menghindari Anda. Bersikaplah wajar dan jangan mengatur orang lain jika Anda tak ditugaskan untuk melakukannya.

4. Suka ikut campur urusan orang lain

Memberikan pendapat dan nasehat yang tak perlu pada teman sekantor akan dianggap membuat mereka kesal. Anda sebaiknya menghindari mencampuri urusan orang lain yang tak ada hubungan dengan Anda. Berikan pendapat hanya pada orang-orang yang memang menanyakannya.

5. Sulit bekerjasama

Selalu berpendapat negatif pada semua pekerjaan yang dilakukan akan berdampak buruk pada tim kerja Anda. Berikanlah gagasan-gagasan yang bersifat membangun.

Jika Anda ingin menyampaikan kritik, sampaikan dengan cara dan sikap yang benar. Karena saat Anda melakukan kebalikannya, teman-teman kerja akan merasa Anda sangat menyebalkan.

6. Suka bergosip

Menjadi biang gosip agak sulit dihentikan. Membicarakan orang lain, akan membuat rekan kerja Anda merasa tak nyaman. Anda akan membicarakan hal-hal positif untuk diri sendiri dan hal-hal buruk soal lain. Kebiasaan seperti itu benar-benar menyebalkan. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini