Sukses

Cenderung Menguat, IHSG Coba Kembali ke 4.600

Penguatan IHSG kali ini diperkirakan bakal kembali menguat dengan pergerakan mixed. IHSG bakal bergerak di level 4.520-4.610.

Awan cerah akhirnya kembali memayungi pasar modal tanah air pada perdagangan kemarin. Penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kali ini diperkirakan bakal kembali menguat dengan pergerakan mixed.

Research Analyst PT Panin Sekuritas Tbk, Purwoko Sartono dalam ulasannya, Kamis (27/6/2013) memperkirakan IHSG bakal bergerak di rentang support-resistance antara 4.520-4.610.

Menurut Purwoko pergerakan IHSG kali ini tak terlepas dari rebound yang dialami bursa saham sehari sebelumnya. Menghijaunya indeks didorong oleh sentimen positif dari bursa regional dimana sebagian besar bergerak menguat.

"Naiknya bursa regional didorong oleh langkah Bank sentral China akan menjaga suku bunga pasar uang di level yang masuk akal dan kenaikan suku bunga yang terjadi belakangan ini akan segera normal kembali," jelas Purwoko.

Ditambahkannya, overnight repo rate China sempat mencapai rekor tertinggi 12,85% pada 21 Juni, sementara kemarin turun 47 basis poin menjadi 6%.

Purwoko mengatakan volatilitas tinggi yang terjadi belakangan ini karena pasar masih mencerna berita dari The Fed terkait stimulus dan ditambah permasalahan likuiditas di China.

"Terlihat masalah likuiditas di china mulai mereda. Hal ini terlihat dari turunnya Repo rate 1 hari China menjadi 5,52%," ujarnya.

Bergairahnya pasar modal domestik juga terjadi akibat data ekonomi Amerika Serikat yang dirilis kemarin yaitu, durable good orders, penjualan rumah, dan consumer confidence naik lebih baik dari proyeksi.(Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini