Sukses

Garuda Indonesia Terbangi Langsung Rute Jakarta-Perth

Penerbangan Garuda Indonesia, rute Jakarta – Perth merupakan penerbangan kerjasama codeshare dengan Etihad Airways.

Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) resmi membuka rute penerbangan langsung Jakarta-Perth. Penerbangan Jakarta – Perth tersebut juga merupakan penerbangan kerjasama codeshare dengan Etihad Airways. 

Melalui penerbangan codeshare ini, penumpang dari Australia dapat meneruskan perjalanan (melalui Jakarta dan Abudhabi) menuju Timur Tengah, Eropa dan Afrika serta sebaliknya.

"Dengan diresmikannya rute penerbangan Jakarta-Perth hari ini, maka Garuda Indonesia melayani penerbangan ke Perth sebanyak 2 kali per hari di mana satu penerbangan lainnya dilayani melalui Denpasar," ujar Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia, Erik Meijer, Jumat (28/6/2013).

Penerbangan Jakarta-Perth dilayani setiap hari dengan jadwal keberangkatan dari Jakarta (GA 724) pukul 10.15 WIB dan tiba di Perth pada pukul 15.50 LT, kemudian terbang kembali dari Perth (GA 725) pukul 17.40 LT dan tiba di Jakarta pada pukul 21.30 WIB.

Penerbangan Jakarta Perth dilayani menggunakan pesawat jenis B737-800 NG dengan kapasitas kursi sebanyak 156 penumpang yang terdiri dari 12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi.

Eric mengatakan, pembukaan rute penerbangan Jakarta – Perth ini merupakan bagian dari program pengembangan jaringan penerbangan Garuda Indonesia khususnya di kawasan South West Pacific, sehingga akan memberikan lebih banyak pilihan rute bagi penumpang untuk melakukan perjalanan ke Australia.

“Kami membuka rute penerbangan langsung ini untuk merespon meningkatnya permintaan, khususnya dari pelaku bisnis, sehingga waktu penerbangan dapat ditempuh dalam waktu di bawah 5 jam dan menghemat lebih banyak waktu bagi kalangan pebisnis,” jelas dia.

Dengan dibukanya rute penerbangan ini, Garuda Indonesia melayani penerbangan dari Jakarta dan Denpasar ke kota-kota di Australia seperti Melbourne, Sydney dan Perth sebanyak 42 kali per minggu.

Selain itu, sejalan meningkatnya pasar antara kedua destinasi, serta untuk memenuhi peningkatan permintaan para pengguna jasa, sejak 21 Juni 2013 yang lalu, Garuda Indonesia juga telah menambah frekuensi penerbangan Jakarta – Amsterdam via Abu Dhabi menjadi 6 kali seminggu, dari sebelumnya sebanyak 4 kali seminggu.

Untuk mendukung pengembangan jaringan penerbangan tersebut, pada tahun 2013 Garuda Indonesia akan mendatangkan 24 pesawat baru, terdiri dari 4 Boeing 777-300ER, 3 Airbus A330, 10 Boeing 737-800NG, dan 7 Bombardier CRJ1000 NextGen.

Sejalan dengan program “Quantum Leap”, pada tahun 2015 Garuda Indonesia akan mengoperasikan 194 pesawat - dari saat ini 112 pesawat - dengan rata-rata usia di bawah lima tahun. (Dis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini